Mohon Tunggu . . .

Pilihan Topik Bantuan
Informasi Umum Produk dan Layanan Fitur Memberships Akun dan Keamanan Kendala dan Pengaduan Lainnya
Pertanyaan yang sering ditanyakan tentang Produk dan Layanan

Tentu saja bisa Sobat Singa, Untuk permintaan Keringanan atau Restrukturisasi Pinjaman dapat diajukan melalui email: collection@singa.id


Proses pencairan dana pinjaman setelah disetujui, pencairan pinjaman akan diterima di rekening anda maksimal 3 jam setelah Anda disetujui.

Denda yang akan Anda terima jika melakukan keterlambatan pembayaran adalah 0,56 % x pokok pinjaman x Jumlah Hari Keterlambatan

Anda dapat melihat status pinjaman dengan cara, Setiap pesanan pinjaman ditandai dengan label status, termasuk 'Sedang Ditinjau', 'Sedang Berlangsung', 'Segera Jatuh Tempo', 'Terlambat', 'Dibayar', 'Ditolak', dan 'Dibatalkan'.

Jika dana pinjaman Anda belum cair ke rekening Anda, mungkin ada beberapa alasan : 

  1. Proses Persetujuan: Pastikan pengajuan pinjaman Anda telah disetujui sepenuhnya. Terkadang, mungkin ada masa tunggu antara persetujuan dan pencairan. 
  2. Waktu Pemrosesan Bank: Mungkin ada penundaan karena waktu pemrosesan bank. Bank yang berbeda memiliki kecepatan pemrosesan yang berbeda untuk transfer masuk. 
  3. Kesalahan Informasi Rekening: Pastikan informasi rekening bank yang diberikan akurat. Kesalahan dalam rincian rekening dapat menyebabkan kegagalan transaksi

Setelah disetujui pencairan pinjaman akan diterima di rekening anda maksimal 3 jam setelah Anda disetujui.

Ya tentu saja Anda bisa, akan tetapi akan bergantung akan status level keanggotaan Anda, Jika tingkat keanggotaan Anda telah mencapai Level 1, Maka Anda dapat mengajukan paling banyak dua pinjaman aktif.

Berikut ini beberapa alasan mengapa status Anda belum berubah : 

  1. Waktu Pemrosesan Pembayaran Pembayaran memerlukan waktu untuk diproses. Tergantung pada metode pembayaran dan institusi yang terlibat, mungkin diperlukan waktu beberapa jam agar pembayaran terlihat di sistem. 
  2. Keterlambatan Bank atau Gerbang Pembayaran Jika pembayaran melibatkan bank atau gerbang pembayaran pihak ketiga, penundaan dapat terjadi karena waktu pemrosesannya, terutama pada akhir pekan atau hari libur. 

Harap berikan waktu beberapa saat agar pembayaran diproses dan tercermin dalam sistem. Jika status tidak diperbarui dalam waktu yang wajar, hubungi layanan pelanggan kami. Berikan mereka rincian pembayaran Anda dan bukti pembayaran apa pun.


Jika Anda ingin melakukan pembatalan pinjaman pada aplikasi Singa. Hubungi Customer Service, Berikan Informasi yang Dibutuhkan, dan setelah itu Tunggu Proses Pembatalan Pinjaman di Singa.

These are some guidance in order for you to done payment through a Virtual Account : 

  1. Ambil kode Virtual Account (VA) Pembayaran yang tersedia pada aplikasi Singa (Permata, BNI, BRI, Mandiri) 
  2. Pilih transfer Bank lain pada ATM/MBanking yang digunakan 
  3. Masukan kode bank sesuai yang Bapak/Ibu pilih pada aplikasi Singa 
  4. Masukan kode virtual account yang ada pada aplikasi Singa sebagai pengganti nomor rekening 
  5. Masukan nominal pembayaran sesuai yang tertera pada aplikasi Singa -Pastikan kembali nama penerima yang di tuju adalah Singa (Nama Bapak/Ibu)
  6. Pilih transfer/OK

Untuk melakukan pembayaran melalui Indomaret dan Alfamart berikut ini panduan yang dapat Anda ikuti : 

  1. Membuat kode pembayaran melalui Indomaret/Alfamart pada aplikasi Singa 
  2. Mendatangi gerai Indomaret/alfamart terdekat 
  3. Informasikan kepada kasir pembayaran untuk Singa melalui Xendit kode depan SME lalu sebutkan kode pembayaran yang tertera pada aplikasi Singa dan nominal pembayarannya.

Terdapat kesalahan data rekening yang Anda isi, umumnya Anda perlu mengganti nomor akun bank atau koneksi antar bank terputus. Mohon lakukan update terhadap aplikasi Singa Anda di playstore. Berikut adalah langkah - langkah melakukan perbaikan pada data rekening Anda diaplikasi : 

  1. Masuk aplikasi Singa 
  2. Pilih Profile 
  3. Pilih Data Bank 
  4. Sesuaikan Nomor rekening dan Nama pemilik rekening Anda sesuai dengan data di buku tabungan/Bank terkait 
  5. Tekan 'langkah selanjutnya' 
  6. Kembali ke Halaman awal aplikasi Singa

Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda alami. Mohon kesediaannya menunggu selama 1x24 jam untuk perubahan status di aplikasi, apabila status di aplikasi masih belum berubah, silakan kirimkan bukti tangkapan layar / foto riwayat pembayaran aplikasi Anda kembali ke cs@singa.id.

Anda dapat melihat VA pembayaran Anda di halaman detail pesanan

Terdapat kesalahan data rekening yang Anda isi atau koneksi antar bank terputus. Mohon lakukan update terhadap aplikasi Singa Anda di appstore. Berikut adalah langkah - langkah melakukan perbaikan pada rekening data Anda di aplikasi : 

  1. Masuk aplikasi Singa 
  2. Pilih Profil 
  3. Pilih Data Bank 
  4. Sesuaikan Nomor rekening dan Nama pemilik rekening Anda sesuai dengan data di buku tabungan/Bank terkait 
  5. Tekan 'langkah selanjutnya' 
  6. Kembali ke Halaman awal aplikasi Singa

Mohon pastikan untuk mengisi data-data Anda dengan benar atau valid. Silakan mencoba melakukan pengajuan ulang setelah 14 hari.

Perihal kendala tidak menerima dana pencairan pinjaman pada aplikasi Singa, mohon untuk informasikan data-data sebagai berikut dan kirimkan ke layanan konsumen Singa melalui email cs@singa.id  beserta :

  •  Kronologi lengkap.
  • Bukti Mutasi Rekening Koran dari tanggal Pengajuan sampai dengan tanggal pengaduan.

Jumlah pinjaman akan bergantung pada tingkat level keanggotaan Anda dan meninjau hasil permohonan pinjaman Anda, dan juga berdasarkan waktu pinjaman yang Anda miliki dan kinerja pembayaran kembali.

Berikut adalah prosedur mengajukan pinjaman :

1. Download Aplikasi Singa Pada Playstore.
2. Isi data lengkap Anda pada formulir online sesuai dengan petunjuk. Mohon diisi dengan data yang sesuai dan benar.
3. Pastikan Anda membaca seluruh ketentuan dan syarat yang berlaku.
4. Anda akan menerima sms atau email notifikasi atas status pengajuan pinjaman Anda bahwa pengajuan Anda disetujui atau ditolak.
5. Jika pengajuan pinjaman Anda disetujui, pihak Singa akan melakukan verifikasi melalui telepon dan survei terhadap data-data yang diberikan.
6. Pastikan Anda mengangkat telepon verifikasi yang dilakukan oleh tim Singa dan menjawab dengan informasi yang sebenar-benarnya.
7. Setelah disetujui pencairan pinjaman akan diterima di rekening anda maximal 3 jam setelah Anda disetujui.  


Setelah disetujui, pencairan pinjaman akan diterima di rekening anda maksimal dalam 3 jam setelah Anda disetujui.

Anda dapat mengajukan perpanjangan dalam situasi tertentu, membayar biaya perpanjangan dan melakukan pembayaran kembali nanti, namun itu tergantung pada apakah pemberi pinjaman Anda mengizinkan perpanjangan. Jika tidak, harap dilunasi sesegera mungkin.

Mohon pastikan terlebih dahulu kredibilitas orang yang menghubungi dan jangan mudah percaya. Hanya lakukan pembayaran sesuai dengan arahan dalam aplikasi. Silakan hubungi layanan pelanggan kami untuk bantuan.

Biasanya pencairannya akan gagal dan Anda akan diminta untuk mengganti nomor rekening bank Anda. Jika Anda tidak bisa menunggu, silakan hubungi layanan konsumen kami untuk mendapatkan bantuan.

Proses penagihan pinjaman Anda, akan dilakukan oleh tenaga penagihan resmi yang sudah memiliki sertifikasi resmi untuk melakukan penagihan

Tim Koleksi akan melakukan penagihan melalui sambungan Telefon dan pesan WhatsApp.

Proses penagihan Anda akan di berhentikan apabila Anda telah melakukan pembayaran tagihan. Adapun proses pembaharuan status pembayaran Anda membutuhkan waktu sampai dengan 1x24 jam. Jika Anda baru saja melakukan pembayaran dalam waktu dekat dan mendapatkan tagihan, Maka Anda dapat mengabaikan penagihan tersebut.

Notifikasi yang Anda terima hanya merupakan fitur pengingat saja, belum termasuk kedalam kategori Penagihan Pinjaman, Penagihan dilakukan saat Anda telah melewati waktu pembayaran seharusnya.

Jika Anda tidak melakukan pembayaran pinjaman, beberapa konsekuensi dapat timbul, yang biasanya meningkat seiring berjalannya waktu: 

  1. Biaya Keterlambatan Anda harus membayar biaya keterlambatan, yang menambah total hutang Anda. 
  2. Penolakan pinjaman Anda di masa depan Catatan yang sudah jatuh tempo akan berdampak pada nilai kredit skoring Anda dan mungkin menghalangi Anda untuk meminjam di masa depan. 
  3. Kegiatan Penagihan Pemberi pinjaman dapat memulai kegiatan penagihan, yang dapat mencakup panggilan telepon dan surat yang meminta pembayaran. 
  4. Dilaporkan ke OJK (Otoritas Jaksa Keuangan) Dengan melakukan pelaporan kepada OJK (Otoritas Jaksa Keuangan) , yang akan mempengaruhi pengajuan pinjaman Anda di platform lain.

Anda dapat mengajukan rollover dalam situasi tertentu, membayar biaya rollover dan menunda tanggal jatuh tempo Anda, namun itu tergantung pada apakah pemberi pinjaman Anda mengizinkan rollover. Jika tidak, harap dilunasi sesegera mungkin.

Pada aplikasi Singa tersedia Fitur : 

  1. Pengajuan Pinjaman 
  2. Singa Member 
  3. Layanan Customer (Live Chat) 
  4. Perubahan Profil dan aplikasi 
  5. Kupon

Sebelumnya kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang anda alami. Besar kemungkinannya untuk tim penagihan untuk menghubungi Anda sebagai kontak darurat oleh pihak lain. Jika Anda merasa tidak memiliki tagihan Singa ataupun tidak merasa telah dijadikan sebagai kontak darurat, silakan melaporkan kendala Anda kepada tim layanan konsumen (Customer Service) Singa melalui fitur Live Chat maupun melalui layanan Call Center resmi pada nomor 1500066. Setelah Anda menghubungi tim layanan konsumen (Customer Service) kami akan membantu untuk mengatasi kendala Anda.


Seluruh riwayat pinjaman dapat Anda lihat didalam aplikasi, namun Surat Keterangan Lunas bisa Anda dapatkan melalui permintaan ke email resmi cs@singa.id

Anda dapat menerima kode OTP melalui pesan teks, panggilan telepon, atau WhatsApp

Ada beberapa alasan mengapa pengajuan pinjaman bisa gagal. Penyebab umumnya diantara lain adalah: 

  1. Nilai atau Riwayat Kredit Tidak Memadai: Nilai kredit yang rendah atau kurangnya riwayat kredit dapat menyebabkan permohonan pinjaman ditolak.
  2. Kesalahan pada Aplikasi: Kesalahan atau ketidaksesuaian dalam aplikasi Anda, seperti data pribadi yang salah. 
  3. Ketidaksesuaian dengan Kriteria Pemberi Pinjaman: Pemberi pinjaman yang berbeda memiliki kriteria persetujuan pinjaman yang berbeda-beda. Profil Anda mungkin tidak sesuai dengan persyaratan spesifik pemberi pinjaman. 
  4. Masalah Penipuan atau Verifikasi Identitas: Kecurigaan penipuan atau ketidakmampuan memverifikasi identitas Anda juga bisa menjadi alasan penolakan pinjaman.

Cukup ketuk 'Bayar sekarang' untuk pinjaman Anda di beranda, pilih cicilan yang ingin Anda bayarkan, pilih bank Anda, dan buat nomor VA(Virtual Account) pembayaran.

Rincian Tagihan terbaru Anda terlihat di halaman beranda, dengan informasi rinci tersedia pada halaman detail pesanan Anda.

Berikut ini adalah syarat dan ketentuan untuk dapat mengajukan pinjaman pada aplikasi Singa : 

  1. Warga Negara Indonesia 
  2. Berusia 21 s/d 65 Tahun 
  3. Memiliki penghasilan minimum Rp.1.200.000,- 
  4. Memiliki KTP Elektronik 
  5. Memiliki Rekening Tabungan atas nama diri sendiri 
  6. Memiliki email aktif

Download Aplikasi Singa Pada Playstore 

  1. Isi data lengkap Anda pada formulir online sesuai dengan petunjuk. Mohon diisi dengan data yang sesuai dan benar. 
  2. Pastikan Anda membaca seluruh ketentuan dan syarat yang berlaku. 
  3. Anda akan menerima sms atau email notifikasi atas status pengajuan pinjaman Anda bahwa pengajuan Anda disetujui atau ditolak. 
  4. Jika pengajuan pinjaman Anda disetujui, pihak Singa akan melakukan verifikasi melalui telepon dan survei terhadap data-data yang diberikan. 
  5. Pastikan Anda mengangkat telepon verifikasi yang dilakukan oleh tim Singa dan menjawab dengan informasi yang sebenar-benarnya 
  6. Setelah disetujui pencairan pinjaman akan diterima di rekening anda maksimal 3 jam setelah Anda disetujui.

Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan perangkat seluler untuk pengalaman yang optimal.

Tipe pinjaman yang tersedia didalam aplikasi Singa adalah Pinjaman berbasis Online dengan limit mulai dari 1,100,000 sampai maksimal 24,000,000 dan tenor 60 hari.

Permohonan pinjaman yang Anda dapat diajukan untuk memenuhi segala macam kebutuhan produktif, konsumtif, kesehatan, pendidikan, berlibur, membeli perabot baru, kebutuhan sehari-hari, atau sebagai tambahan membeli kendaraan, dan kebutuhan lainnya.


Berikut adalah syarat mengajukan pinjaman di Singa:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Berusia 21 s/d 65 Tahun
  3. Memiliki penghasilan minimum Rp.1.200.000,-
  4. Memiliki KTP Elektronik
  5. Memiliki Rekening Tabungan atas nama diri sendiri
  6. Memiliki email aktif

Setelah pinjaman disetujui, pencairan pinjaman akan sampai di rekening anda maksimal 3 jam setelah pinjaman Anda disetujui. 


Tidak. Pinjaman di Singa adalah pinjaman tanpa jaminan dan tanpa persyaratan kartu kredit.


Kami tidak selalu menyetujui atau menolak pengajuan pinjaman Anda. Hal tersebut dilihat berdasarkan data-data yang Anda berikan. Perlu diingat, bahwa kami hanya memberikan pinjaman kepada Anda yang mampu mengembalikan pinjaman. Kami memiliki tanggung jawab sosial agar nasabah kami tidak terjerat hutang yang tidak perlu. Dan jika ditolak, kami mohon maaf. Karena berdasarkan peringkat kredit dari Biro Kredit, kami belum bisa menyetujui pengajuan pinjaman Anda. 


Saat ini denda di singa tergantung pada lama hari keterlambatan Anda. Demi menjaga kredit score anda pada Singa, Silahkan bayar tepat waktu untuk tetap mendapat pelayanan pinjaman di Singa.


  1. Buka Aplikasi Singa
  2. Klik "Bayar Sekarang" pada kartu pemesanan 
  3. Pilih jumlah cicilan 
  4. Pilih metode pembayaran Anda 
  5. Kemudian kode pembayaran VA (Virtual Account) akan muncul
  6. Mohon melakukan pembayaran dengan kode VA (Virtual Account) dari bank yang Anda pilih 
     

Bisa, Anda dapat melunasi pinjaman sebelum tanggal jatuh tempo


Jumlah pinjaman di Singa bervariasi mulai dari Rp.1.100.000 dan maksimal Rp24.000.000. Jumlah limit pinjaman ditentukan dari skor kredit anda. Jika Anda adalah Peminjam yang baik dalam proses pengembalian pinjaman maka peringkat kredit Anda akan naik dan pinjaman Anda dapat dikenakan bunga yang lebih rendah atau pinjaman yang lebih tinggi apabila Anda melakukan pinjaman berikutnya.


Lama Pinjaman di Singa bervariasi, dengan maksimal 60 hari.


Maximum bunga di Pinjaman Singa adalah 0,3% per Hari.


Ya. Singa membebankan biaya pelayanan atau administrasi kepada Peminjam. Besarnya biaya layanan bergantung pada jumlah dan lama pinjaman yang Anda ajukan.


Jika pengajuan pinjaman Anda tidak disetujui, Anda dapat mengajukan pinjaman kembali 14 hari setelah pinjaman pertama anda ditolak. Mohon tertuju pada pengajuan tanggal kembali pada halaman pesanan detail Anda.


Ya, Untuk kode pembayaran Virtual Account (VA) akan tetap berlaku selama 6 jam sejak waktu generas kodei. Anda dapat melakukan pembayaran didalam waktu online operasional Bank.

Kode VA (Virtual Account) terdiri dari 16 angka yang digunakan untuk Pelunasan Pinjaman.


Facebook Twitter Instagram Linkedin Tiktok