Pertanyaan yang sering ditanyakan tentang Produk dan Layanan
Tentu saja bisa Sobat Singa, Untuk permintaan Keringanan atau Restrukturisasi Pinjaman dapat diajukan melalui email: collection@singa.id
Jika dana pinjaman Anda belum cair ke rekening Anda, mungkin ada beberapa alasan :
- Proses Persetujuan: Pastikan pengajuan pinjaman Anda telah disetujui sepenuhnya. Terkadang, mungkin ada masa tunggu antara persetujuan dan pencairan.
- Waktu Pemrosesan Bank: Mungkin ada penundaan karena waktu pemrosesan bank. Bank yang berbeda memiliki kecepatan pemrosesan yang berbeda untuk transfer masuk.
- Kesalahan Informasi Rekening: Pastikan informasi rekening bank yang diberikan akurat. Kesalahan dalam rincian rekening dapat menyebabkan kegagalan transaksi
Berikut ini beberapa alasan mengapa status Anda belum berubah :
- Waktu Pemrosesan Pembayaran Pembayaran memerlukan waktu untuk diproses. Tergantung pada metode pembayaran dan institusi yang terlibat, mungkin diperlukan waktu beberapa jam agar pembayaran terlihat di sistem.
- Keterlambatan Bank atau Gerbang Pembayaran Jika pembayaran melibatkan bank atau gerbang pembayaran pihak ketiga, penundaan dapat terjadi karena waktu pemrosesannya, terutama pada akhir pekan atau hari libur.
Harap berikan waktu beberapa saat agar pembayaran diproses dan tercermin dalam sistem. Jika status tidak diperbarui dalam waktu yang wajar, hubungi layanan pelanggan kami. Berikan mereka rincian pembayaran Anda dan bukti pembayaran apa pun.
These are some guidance in order for you to done payment through a Virtual Account :
- Ambil kode Virtual Account (VA) Pembayaran yang tersedia pada aplikasi Singa (Permata, BNI, BRI, Mandiri)
- Pilih transfer Bank lain pada ATM/MBanking yang digunakan
- Masukan kode bank sesuai yang Bapak/Ibu pilih pada aplikasi Singa
- Masukan kode virtual account yang ada pada aplikasi Singa sebagai pengganti nomor rekening
- Masukan nominal pembayaran sesuai yang tertera pada aplikasi Singa -Pastikan kembali nama penerima yang di tuju adalah Singa (Nama Bapak/Ibu)
- Pilih transfer/OK
Untuk melakukan pembayaran melalui Indomaret dan Alfamart berikut ini panduan yang dapat Anda ikuti :
- Membuat kode pembayaran melalui Indomaret/Alfamart pada aplikasi Singa
- Mendatangi gerai Indomaret/alfamart terdekat
- Informasikan kepada kasir pembayaran untuk Singa melalui Xendit kode depan SME lalu sebutkan kode pembayaran yang tertera pada aplikasi Singa dan nominal pembayarannya.
Terdapat kesalahan data rekening yang Anda isi, umumnya Anda perlu mengganti nomor akun bank atau koneksi antar bank terputus. Mohon lakukan update terhadap aplikasi Singa Anda di playstore. Berikut adalah langkah - langkah melakukan perbaikan pada data rekening Anda diaplikasi :
- Masuk aplikasi Singa
- Pilih Profile
- Pilih Data Bank
- Sesuaikan Nomor rekening dan Nama pemilik rekening Anda sesuai dengan data di buku tabungan/Bank terkait
- Tekan 'langkah selanjutnya'
- Kembali ke Halaman awal aplikasi Singa
Terdapat kesalahan data rekening yang Anda isi atau koneksi antar bank terputus. Mohon lakukan update terhadap aplikasi Singa Anda di appstore. Berikut adalah langkah - langkah melakukan perbaikan pada rekening data Anda di aplikasi :
- Masuk aplikasi Singa
- Pilih Profil
- Pilih Data Bank
- Sesuaikan Nomor rekening dan Nama pemilik rekening Anda sesuai dengan data di buku tabungan/Bank terkait
- Tekan 'langkah selanjutnya'
- Kembali ke Halaman awal aplikasi Singa
Perihal kendala tidak menerima dana pencairan pinjaman pada aplikasi Singa, mohon untuk informasikan data-data sebagai berikut dan kirimkan ke layanan konsumen Singa melalui email cs@singa.id beserta :
- Kronologi lengkap.
- Bukti Mutasi Rekening Koran dari tanggal Pengajuan sampai dengan tanggal pengaduan.
Berikut adalah prosedur mengajukan pinjaman :
1. Download Aplikasi Singa Pada Playstore.
2. Isi data lengkap Anda pada formulir online sesuai dengan petunjuk. Mohon diisi dengan data yang sesuai dan benar.
3. Pastikan Anda membaca seluruh ketentuan dan syarat yang berlaku.
4. Anda akan menerima sms atau email notifikasi atas status pengajuan pinjaman Anda bahwa pengajuan Anda disetujui atau ditolak.
5. Jika pengajuan pinjaman Anda disetujui, pihak Singa akan melakukan verifikasi melalui telepon dan survei terhadap data-data yang diberikan.
6. Pastikan Anda mengangkat telepon verifikasi yang dilakukan oleh tim Singa dan menjawab dengan informasi yang sebenar-benarnya.
7. Setelah disetujui pencairan pinjaman akan diterima di rekening anda maximal 3 jam setelah Anda disetujui.
Jika Anda tidak melakukan pembayaran pinjaman, beberapa konsekuensi dapat timbul, yang biasanya meningkat seiring berjalannya waktu:
- Biaya Keterlambatan Anda harus membayar biaya keterlambatan, yang menambah total hutang Anda.
- Penolakan pinjaman Anda di masa depan Catatan yang sudah jatuh tempo akan berdampak pada nilai kredit skoring Anda dan mungkin menghalangi Anda untuk meminjam di masa depan.
- Kegiatan Penagihan Pemberi pinjaman dapat memulai kegiatan penagihan, yang dapat mencakup panggilan telepon dan surat yang meminta pembayaran.
- Dilaporkan ke OJK (Otoritas Jaksa Keuangan) Dengan melakukan pelaporan kepada OJK (Otoritas Jaksa Keuangan) , yang akan mempengaruhi pengajuan pinjaman Anda di platform lain.
Pada aplikasi Singa tersedia Fitur :
- Pengajuan Pinjaman
- Singa Member
- Layanan Customer (Live Chat)
- Perubahan Profil dan aplikasi
- Kupon
Sebelumnya kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang anda alami. Besar kemungkinannya untuk tim penagihan untuk menghubungi Anda sebagai kontak darurat oleh pihak lain. Jika Anda merasa tidak memiliki tagihan Singa ataupun tidak merasa telah dijadikan sebagai kontak darurat, silakan melaporkan kendala Anda kepada tim layanan konsumen (Customer Service) Singa melalui fitur Live Chat maupun melalui layanan Call Center resmi pada nomor 1500066. Setelah Anda menghubungi tim layanan konsumen (Customer Service) kami akan membantu untuk mengatasi kendala Anda.
Ada beberapa alasan mengapa pengajuan pinjaman bisa gagal. Penyebab umumnya diantara lain adalah:
- Nilai atau Riwayat Kredit Tidak Memadai: Nilai kredit yang rendah atau kurangnya riwayat kredit dapat menyebabkan permohonan pinjaman ditolak.
- Kesalahan pada Aplikasi: Kesalahan atau ketidaksesuaian dalam aplikasi Anda, seperti data pribadi yang salah.
- Ketidaksesuaian dengan Kriteria Pemberi Pinjaman: Pemberi pinjaman yang berbeda memiliki kriteria persetujuan pinjaman yang berbeda-beda. Profil Anda mungkin tidak sesuai dengan persyaratan spesifik pemberi pinjaman.
- Masalah Penipuan atau Verifikasi Identitas: Kecurigaan penipuan atau ketidakmampuan memverifikasi identitas Anda juga bisa menjadi alasan penolakan pinjaman.
Berikut ini adalah syarat dan ketentuan untuk dapat mengajukan pinjaman pada aplikasi Singa :
- Warga Negara Indonesia
- Berusia 21 s/d 65 Tahun
- Memiliki penghasilan minimum Rp.1.200.000,-
- Memiliki KTP Elektronik
- Memiliki Rekening Tabungan atas nama diri sendiri
- Memiliki email aktif
Download Aplikasi Singa Pada Playstore
- Isi data lengkap Anda pada formulir online sesuai dengan petunjuk. Mohon diisi dengan data yang sesuai dan benar.
- Pastikan Anda membaca seluruh ketentuan dan syarat yang berlaku.
- Anda akan menerima sms atau email notifikasi atas status pengajuan pinjaman Anda bahwa pengajuan Anda disetujui atau ditolak.
- Jika pengajuan pinjaman Anda disetujui, pihak Singa akan melakukan verifikasi melalui telepon dan survei terhadap data-data yang diberikan.
- Pastikan Anda mengangkat telepon verifikasi yang dilakukan oleh tim Singa dan menjawab dengan informasi yang sebenar-benarnya
- Setelah disetujui pencairan pinjaman akan diterima di rekening anda maksimal 3 jam setelah Anda disetujui.
Permohonan pinjaman yang Anda dapat diajukan untuk memenuhi segala macam kebutuhan produktif, konsumtif, kesehatan, pendidikan, berlibur, membeli perabot baru, kebutuhan sehari-hari, atau sebagai tambahan membeli kendaraan, dan kebutuhan lainnya.
Berikut adalah syarat mengajukan pinjaman di Singa:
- Warga Negara Indonesia
- Berusia 21 s/d 65 Tahun
- Memiliki penghasilan minimum Rp.1.200.000,-
- Memiliki KTP Elektronik
- Memiliki Rekening Tabungan atas nama diri sendiri
- Memiliki email aktif
Setelah pinjaman disetujui, pencairan pinjaman akan sampai di rekening anda maksimal 3 jam setelah pinjaman Anda disetujui.
Tidak. Pinjaman di Singa adalah pinjaman tanpa jaminan dan tanpa persyaratan kartu kredit.
Kami tidak selalu menyetujui atau menolak pengajuan pinjaman Anda. Hal tersebut dilihat berdasarkan data-data yang Anda berikan. Perlu diingat, bahwa kami hanya memberikan pinjaman kepada Anda yang mampu mengembalikan pinjaman. Kami memiliki tanggung jawab sosial agar nasabah kami tidak terjerat hutang yang tidak perlu. Dan jika ditolak, kami mohon maaf. Karena berdasarkan peringkat kredit dari Biro Kredit, kami belum bisa menyetujui pengajuan pinjaman Anda.
Saat ini denda di singa tergantung pada lama hari keterlambatan Anda. Demi menjaga kredit score anda pada Singa, Silahkan bayar tepat waktu untuk tetap mendapat pelayanan pinjaman di Singa.
- Buka Aplikasi Singa
- Klik "Bayar Sekarang" pada kartu pemesanan
- Pilih jumlah cicilan
- Pilih metode pembayaran Anda
- Kemudian kode pembayaran VA (Virtual Account) akan muncul
- Mohon melakukan pembayaran dengan kode VA (Virtual Account) dari bank yang Anda pilih
- Anda juga dapat mengikuti ilustrasi berikut
Bisa, Anda dapat melunasi pinjaman sebelum tanggal jatuh tempo
Jumlah pinjaman di Singa bervariasi mulai dari Rp.1.100.000 dan maksimal Rp24.000.000. Jumlah limit pinjaman ditentukan dari skor kredit anda. Jika Anda adalah Peminjam yang baik dalam proses pengembalian pinjaman maka peringkat kredit Anda akan naik dan pinjaman Anda dapat dikenakan bunga yang lebih rendah atau pinjaman yang lebih tinggi apabila Anda melakukan pinjaman berikutnya.
Lama Pinjaman di Singa bervariasi, dengan maksimal 60 hari.
Maximum bunga di Pinjaman Singa adalah 0,3% per Hari.
Ya. Singa membebankan biaya pelayanan atau administrasi kepada Peminjam. Besarnya biaya layanan bergantung pada jumlah dan lama pinjaman yang Anda ajukan.
Jika pengajuan pinjaman Anda tidak disetujui, Anda dapat mengajukan pinjaman kembali 14 hari setelah pinjaman pertama anda ditolak. Mohon tertuju pada pengajuan tanggal kembali pada halaman pesanan detail Anda.
Kode VA (Virtual Account) terdiri dari 16 angka yang digunakan untuk Pelunasan Pinjaman.