Mohon Tunggu . . .

Tips Mengatur Keuangan Pribadi di Tengah Kenaikan Harga

Penulis : Admin Singa
Dipublikasikan: 8 bulan yang lalu

Halo Sobat Singa, Kenaikan harga kebutuhan pokok akhir-akhir ini membuat banyak orang pusing. Bagaimana tidak, pengeluaran bulanan semakin tinggi, sementara pendapatan tetap sama. Jika Anda salah satu orang yang sedang pusing mengatur keuangan di tengah kenaikan harga, berikut adalah beberapa tips yang dapat Sobat Singa coba:

  1. Buat anggaran bulanan. Ini adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatur keuangan Anda dengan baik. Buat daftar semua pengeluaran Anda setiap bulan, termasuk pengeluaran rutin dan tidak rutin. Setelah itu, bandingkan pengeluaran Anda dengan pendapatan Anda. Jika pengeluaran Anda lebih besar dari pendapatan Anda, maka Anda perlu melakukan penyesuaian.
  2. Prioritaskan pengeluaran. Setelah membuat daftar pengeluaran, prioritaskan pengeluaran Anda. Pengeluaran rutin seperti biaya makan, tempat tinggal, dan transportasi harus menjadi prioritas utama Anda. Setelah itu, Anda dapat menganggarkan sisa pendapatan Anda untuk pengeluaran lain, seperti hiburan dan belanja.
  3. Kurangi pengeluaran yang tidak perlu. Coba identifikasi pengeluaran yang tidak perlu dan kurangi pengeluaran tersebut. Misalnya, jika Anda sering jajan di luar, cobalah untuk memasak sendiri di rumah. Atau, jika Anda sering berbelanja online, cobalah untuk mengurangi frekuensi belanja Anda.
  4. Sisihkan uang untuk tabungan dan investasi. Meskipun pengeluaran Anda sedang tinggi, penting untuk tetap menyisihkan uang untuk tabungan dan investasi. Tabungan dan investasi akan membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda di masa depan.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk mengatur keuangan pribadi di tengah kenaikan harga :

  • Cari diskon dan promo. Banyak toko dan restoran yang menawarkan diskon dan promo untuk menarik pelanggan. Manfaatkan diskon dan promo tersebut untuk menghemat pengeluaran Anda.
  • Belanja secara bijak. Sebelum membeli sesuatu, pikirkan terlebih dahulu apakah Anda benar-benar membutuhkannya. Jika tidak, tahan keinginan Anda untuk membeli.
  • Gunakan transportasi umum. Transportasi umum lebih murah daripada kendaraan pribadi. Jika memungkinkan, gunakan transportasi umum untuk menghemat pengeluaran Anda.
  • Hemat energi. Matikan lampu dan peralatan elektronik saat tidak digunakan. Hemat air dengan mandi seperlunya dan mematikan keran saat menyikat gigi.
  • Berbagi dengan sesama. Jika Anda memiliki kelebihan, berbagi dengan sesama yang membutuhkan. Berbagi adalah hal yang mulia dan dapat meringankan beban orang lain.

Mengatur keuangan pribadi di tengah kenaikan harga memang tidak mudah. Namun, dengan sedikit usaha, Anda dapat melakukannya. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat hidup lebih hemat dan sejahtera. Hidup pastinya jadi lebih baik berkat aplikasi Singa Fintech yang senantiasa membantu Sobat Singa!

Facebook Twitter Instagram Linkedin Tiktok