Mohon Tunggu . . .

Tips Jago Negosiasi Sewa Kost!

Penulis : Admin Singa
Dipublikasikan: 1 bulan yang lalu

Halo Sobat Singa, Hidup kost jadi anak perantauan atau mahasiswa memang asyik. Tapi, kalau masalah bayar kost bisa bikin pusing, apalagi kalau budget terbatas. Eits, tenang dulu! Kamu bisa kok jadi jago negosiasi sewa kost dan mendapatkan harga murah dengan fasilitas lengkap! Berikut ini adalah 10 tips untuk Anda bisa menjadi jago negosiasi ketika sedang mencari tempat kost untuk di tinggali! 

 

1. Riset Harga Pasaran

Sebelum negosiasi, riset harga pasaran kost di daerah incaranmu. Ini bisa kamu lakukan dengan browsing online, tanya teman, atau lihat postingan sewa kost di platform tertentu.  Mengetahui harga rata-rata akan memberimu gambaran untuk bernegosiasi.

 

2. Tahu Kelebihan & Kekurangan Kost

Amati kelebihan dan kekurangan kost yang kamu incar.  Fasilitas lengkap, lokasi strategis, dan keamanan yang baik tentu jadi nilai plus untuk negosiasi.  Sebaliknya, kondisi kost yang kurang terawat atau minim fasilitas bisa jadi alasan untuk meminta potongan harga.

 

3. Tahu Jurus Negosiasi

Negosiasi bukan sekedar nawar seenaknya. Sampaikan keinginanmu dengan sopan dan logis. Tekankan kelebihan yang kamu lihat dari kost dan ajukan permintaan harga yang masuk akal berdasarkan risetmu.

 

4. Tawar dengan Angka Pas

Jangan hanya bilang "bisa kurang?". Sebutkan langsung angka yang kamu inginkan. Ingat, negosiasi biasanya ada ruang untuk kompromi, jadi ajukan angka sedikit di bawah harga yang kamu target.

 

5. Tawarkan Kontrak Jangka Panjang

Penyewa kost biasanya senang dengan penyewa yang tinggal lama. Tawarkan kontrak sewa jangka panjang (misalnya 1 tahun) sebagai leverage untuk negosiasi potongan harga atau fasilitas tambahan.

 

6. Bayar Dimuka

Tawarkan pembayaran di muka untuk beberapa bulan sebagai tanda keseriusan dan mungkin bisa mendapatkan potongan harga.  Namun, pastikan kamu merasa nyaman dengan kebijakan pembayaran di kost tersebut.

 

7. Cari Alternatif

Sebagai persiapan, cari beberapa pilihan kost lain sebagai alternatif.  Ini akan membuat posisi kamu lebih kuat saat negosiasi. Kost bisa saja menolak permintaanmu, jadi memiliki alternatif akan memudahkanmu mencari kost lain.

 

8. Negosiasi dengan Pemilik Langsung

Jika bisa, negosiasi langsung dengan pemilik kost.  Biasanya pemilik lebih fleksibel dalam negosiasi dibandingkan dengan perwakilan yang mengurus kost.

 

9. Jalin Komunikasi Baik

Negosiasi yang baik adalah negosiasi yang saling menguntungkan.  Jalin komunikasi yang baik dan sopan dengan pemilik kost selama proses negosiasi.

 

10. Tahu Batasan

Negosiasi yang alot dan tidak realistis bisa membuat pemilik kost malah batal menyewakan kepadamu.  Kenali batasan dan jangan terlalu memaksa.

 

Dengan menjadi jago negosiasi sewa kost, kamu bisa mendapatkan tempat tinggal yang nyaman dengan harga yang bersahabat. Selamat mencoba! Akhir bulan dompet jadi seret? Ga perlu khawatir kan ada aplikasi Singa Fintech (www.singa.id) yang senantiasa selalu ada untuk kamu yang perlu pinjaman dana darurat. Ga perlu khawatir ga bisa bayar kost ketika akhir bulan, karna Sobat Singa dapat mengajukan pinjaman dana pada aplikasi Singa Fintech sampai dengan Rp 24.000.000! Nikmati pinjaman dana sampai yang Mudah dan Aman, Singa Fintech juga sudah menjaga data privasi para penggunanya secara teguh terbukti dengan sertifikasi ISO yang telah kami miliki. Download dan miliki aplikasinya sekarang dan dapatkan berbagai keuntungan serta bonus menarik lainnya! https://singa.onelink.me/2NaP/r618jiqw

Facebook Twitter Instagram Linkedin Tiktok