Mohon Tunggu . . .

Perbedaan Pinjaman Online vs Paylater? Apa Bedanya?

Penulis : Admin Singa
Dipublikasikan: 3 minggu yang lalu

Halo Sobat Singa, Sekilas pinjaman online (pinjol) dan paylater terlihat serupa. Keduanya menawarkan kemudahan akses dana secara online. Namun, ada perbedaan mendasar yang perlu dipahami untuk membuat keputusan finansial yang cerdas. Yuk simak penjelasannya dari #MinSing kali ini!

 

Pinjaman Online (Pinjol)

Pinjaman online adalah layanan keuangan yang menghubungkan pemberi pinjaman (investor) dengan penerima pinjaman (borrower). Melalui platform online, Anda bisa mengajukan pinjaman dana dalam jumlah tertentu untuk berbagai keperluan. Setelah disetujui, dana pinjaman akan ditransfer ke rekening Anda. Anda  wajib melakukan cicilan beserta bunganya sesuai dengan tenor pinjaman yang telah ditetapkan. 

Ciri-ciri Pinjaman Online

  • Proses pengajuan umumnya memerlukan dokumen pendukung yang lebih lengkap di bandingkan pengajuan paylater.
  • Pencairan dana pinjaman biasanya langsung ke rekening Anda di bandingkan pencairan dana paylater yang umumnya ke akun yang terhubung dengan platform ecommerce.
  • Besaran bunga pinjaman online  lebih bervariasi tergantung platform dan tenor pinjaman.
  • Digunakan untuk  berbagai keperluan, baik konsumtif maupun produktif.

Paylater

Paylater adalah  fasilitas pembiayaan yang disediakan oleh marketplace, e-commerce, atau platform tertentu. Dengan paylater, Anda bisa  menunda pembayaran atas barang atau jasa yang dibeli secara online. Pembayaran bisa dilakukan secara cicilan ataupun dengan metode pembayaran dengan sistem full payment dalam jangka waktu tertentu, biasanya hingga bulan depan.

Ciri-ciri Paylater:

  • Proses pengajuan cenderung lebih instan, biasanya cukup dengan verifikasi melalui aplikasi.
  • Pencairan limit paylater  instan untuk digunakan berbelanja langsung pada marketplace atau e-commerce tertentu.
  • Khusus digunakan untuk transaksi online pada platform marketplace atau e-commerce penyedia paylater. Limit akan langsung masuk terhubung pada platform marketplace atau e-commerce penyedia paylater, dan dana tidak di terima secara cash pada rekening. 

Pinjaman online cocok untuk Anda yang membutuhkan dana dalam jumlah besar untuk berbagai keperluan. Namun, perhatikan biaya yang di kenakan serta Anda harus melakukan cicilan tepat waktu. Sementara itu, paylater ideal untuk transaksi belanja online yang ingin dicicil atau dibayar nanti. Pastikan Anda membayar tagihan tepat waktu untuk menghindari bunga. Tips memilih antara Pinjol dan Paylater:

  • Sesuaikan dengan kebutuhan: Pilih pinjol untuk kebutuhan dana besar dan darurat, dan paylater dapat Anda gunakan untuk keperluan belanja online.
  • Perhatikan kemampuan finansial: Hanya ajukan pinjaman atau gunakan limit paylater sesuai kemampuan cicilan Anda.
  • Bandingkan bunganya: Pilih platform pinjol yang memiliki legalitas jelas atau paylater dengan suku bunga yang kompetitif.
  • Baca syarat dan ketentuan: Pahami secara detail ketentuan pinjaman atau penggunaan limit paylater sebelum menggunakannya.

Dengan memahami perbedaan pinjol dan paylater, Anda bisa membuat keputusan finansial yang tepat dan memanfaatkan kedua layanan ini secara optimal sesuai kebutuhan. Dapatkan pinjaman dana dengan sistem yang Mudah dan Aman serta memiliki izin dan di awasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)! Bagikan aplikasi Singa Fintech ke kerabat dan relasi terdekatmu melalui fitur link referral yang tersedia pada aplikasi Singa Fintech (www.singa.id) selesaikan tugasnya dan nikmati bonus sampai dengan Rp 240.000! Klik linknya sekarang juga dan donwload aplikasinya sekarang >>> https://singa.onelink.me/2NaP/r618jiqw

Facebook Twitter Instagram Linkedin Tiktok