Mohon Tunggu . . .

Penyebab Baterai HP Mudah Bocor dan Cara Mencegahnya

Penulis : Admin Singa
Dipublikasikan: 3 minggu yang lalu

Halo Sobat Singa, Baterai merupakan komponen vital pada HP yang memungkinkan Anda untuk menggunakannya dalam waktu lama.Namun, seiring waktu, baterai HP dapat mengalami kerusakan, salah satunya adalah bocor. Bocornya baterai HP bukan hanya dapat merusak HP Anda, tetapi juga berbahaya bagi kesehatan. Berikut ini adalah aspek-aspek yang menyebabkan baterai HP Anda jadi lebih mudah bocor nih, Sobat Singa dan perlu Anda perhatikan penyebabnya.

 

1. Penggunaan Berlebihan

Penggunaan HP yang berlebihan, seperti bermain game berat atau menonton video dalam waktu lama, dapat menyebabkan panas berlebih pada baterai. Hal ini dapat merusak struktur internal baterai dan membuatnya bocor.

 

2. Kerusakan Fisik

Baterai HP yang terjatuh, terbentur, atau tertekuk dapat mengalami kerusakan fisik. Kerusakan ini dapat menyebabkan kebocoran pada baterai.

 

3. Pengisian Daya yang Berlebihan

Meninggalkan HP dalam keadaan terisi daya selama berjam-jam, bahkan semalaman, dapat menyebabkan baterai overcharge. Overcharge dapat merusak baterai dan membuatnya bocor. Menggunakan HP ketika sedang mengisi daya juga dapat menyebabkan baterai Anda jadi mudah bocor, di sebabkan ketika sedang mengisi daya, baterai tidak di isi secara benar yang menyebabkan kebocoran. 

 

4. Penggunaan Charger yang Tidak Sesuai

Anda mungkin menggunakan tipe charger yang tidak sesuai dengan tipe HP Anda, atau Anda tidak menggunakan charger original serta berkualitas untuk mengisi daya HP Anda. Penggunaan charger yang tidak sesuai dapat menyebabkan kerusakan baterai dan menimbulkan kerusakan pada HP Anda. Gunakanlah charger original atau charger yang berkualitas baik untuk mengisi daya HP Anda. Penggunaan charger yang tidak sesuai dapat menyebabkan kerusakan pada baterai dan membuatnya bocor.

 

5. Suhu Ekstrem

Baterai HP yang terpapar suhu ekstrem, baik panas maupun dingin, dapat mengalami kerusakan. Hindari menyimpan HP di tempat yang panas atau dingin, seperti di dalam mobil yang terparkir di bawah sinar matahari atau di lemari es.

 

6. Faktor Usia

Seiring waktu, baterai HP akan mengalami penurunan performa dan daya tahan. Baterai yang sudah tua dan usang lebih rentan bocor dibandingkan baterai baru.

 

Tips Mencegah Baterai HP Anda Jadi Lebih Mudah Bocor 

  • Hindari penggunaan HP yang berlebihan di kala sedang mengisi daya.
  • Berhati-hatilah saat menggunakan HP agar terhindar dari kerusakan fisik.
  • Cabut charger HP setelah baterai terisi penuh.
  • Gunakan charger original atau charger yang berkualitas baik.
  • Hindari menyimpan HP di tempat yang panas atau dingin.
  • Ganti baterai HP jika sudah tua dan usang.

 

Jika baterai HP Anda bocor, segera matikan HP dan cabut baterainya. Jangan gunakan HP sampai baterai diganti dengan yang baru. Bawa baterai yang bocor ke tempat pembuangan limbah elektronik yang sesuai. Bocornya baterai HP dapat membahayakan kesehatan Anda. Dengan mengetahui alasan dan penyebab baterai HP mudah bocor, serta tips pencegahannya, Anda dapat menjaga kesehatan baterai HP Anda dan terhindar dari bahaya kebocoran baterai.

 

Untuk Anda yang ingin membeli ponsel baru namun terbatas dana, tenang saja dan tidak perlu khawatir. Anda dapat mendapatkan pinjaman dana dengan sistem yang Mudah dan Aman serta memiliki izin dan di awasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)! Bagikan aplikasi Singa Fintech ke kerabat dan relasi terdekatmu melalui fitur link referral yang tersedia pada aplikasi Singa Fintech (www.singa.id) selesaikan tugasnya dan nikmati bonus sampai dengan Rp 240.000! Klik linknya sekarang juga dan download aplikasinya sekarang >>> https://singa.onelink.me/2NaP/blog

Facebook Twitter Instagram Linkedin Tiktok