Mohon Tunggu . . .

Indonesia dan UNDP Sepakat Buat Peta Jalan Dekarbonisasi Pariwisata

Penulis : Admin Singa
Dipublikasikan: 6 bulan yang lalu

Indonesia dan UNDP Sepakat Buat Peta Jalan Dekarbonisasi Pariwisata, Wow!

Indonesia adalah negara dengan keindahan alam yang tiada tara, kini tengah bersiap untuk beralih ke pariwisata berkelanjutan. Pemerintah Indonesia dan UNDP telah menandatangani perjanjian untuk menyusun peta jalan dekarbonisasi pariwisata. Peta jalan ini bertujuan untuk mengurangi jejak karbon sektor pariwisata dan mendukung transisi Indonesia menuju ekonomi berkelanjutan.

Pemerintah Indonesia dan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) telah menandatangani perjanjian untuk menyusun peta jalan dekarbonisasi pariwisata. Peta jalan ini bertujuan untuk mengurangi jejak karbon sektor pariwisata dan mendukung transisi Indonesia menuju ekonomi berkelanjutan.

Indonesia adalah salah satu tujuan wisata paling populer di dunia, dengan lebih dari 16 juta pengunjung internasional pada tahun 2022. Namun, sektor pariwisata juga memiliki dampak yang signifikan terhadap lingkungan, menyumbang sekitar 8% dari total emisi gas rumah kaca Indonesia.

Peta jalan dekarbonisasi pariwisata akan mengidentifikasi dan menerapkan langkah-langkah untuk mengurangi jejak karbon sektor ini, seperti mempromosikan transportasi berkelanjutan, efisiensi energi, dan praktik pengelolaan sampah. Ini juga akan fokus pada mendukung mata pencaharian masyarakat lokal yang bergantung pada pariwisata.

Peta jalan ini diharapkan selesai pada tahun 2024 dan akan digunakan untuk memandu pengembangan sektor pariwisata Indonesia selama dekade berikutnya.

Peta jalan dekarbonisasi pariwisata adalah langkah maju yang signifikan bagi upaya Indonesia untuk memerangi perubahan iklim dan beralih ke ekonomi berkelanjutan. Sektor pariwisata adalah penyumbang utama ekonomi Indonesia, dan dekarbonisasi akan memiliki dampak positif terhadap lingkungan, ekonomi, dan masyarakat Indonesia.

Peta jalan ini juga penting bagi reputasi global Indonesia sebagai tujuan wisata berkelanjutan. Seiring semakin banyak wisatawan yang sadar akan dampak lingkungan mereka, Indonesia perlu mengambil langkah-langkah untuk mengurangi jejak karbon sektor pariwisatanya agar tetap kompetitif. Dengan peta jalan ini, Indonesia akan menjadi salah satu negara terdepan dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan. Hal ini tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari seluruh dunia.

Jadi, bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam Indonesia sekaligus berkontribusi pada upaya pelestarian lingkungan, tunggu apa lagi? Yuk majukan parawisata Indonesia! Untuk para Sobat Singa yang memerlukan dana tambahan untuk jalan jalan, bisa banget nih ajukan di aplikasi Singa Fintech! untuk keperluan mendadak liburan kamu! Sistem pengajuan yang mudah serta anti ribet bikin semuanya lebih simple dalam mendapatkan pinjaman yang kamu impikan!.

Facebook Twitter Instagram Linkedin Tiktok