Mohon Tunggu . . .

Hindari Pinjaman Online Yang Mencuri Data Pribadi Anda, Tips Aman Bertransaksi di Era Digital

Penulis : Admin Singa
Dipublikasikan: 3 minggu yang lalu

Halo Sobat Singa pada era digital ini, kemudahan akses informasi dan layanan keuangan mendorong pertumbuhan pesat pinjaman online (pinjol). Namun, di balik kemudahannya, pinjol ilegal marak bermunculan dan membahayakan keamanan data pribadi penggunanya. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk memahami cara terhindar dari pinjol yang menyebarkan data. 

Ciri-ciri Pinjol Ilegal yang Mencuri Data Pribadi Anda 

  • Tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK): Pastikan pinjol yang Anda gunakan terdaftar dan diawasi oleh OJK. Daftar pinjol legal yang sudah berizin dapat dilihat di website resmi OJK.
  • Meminta akses berlebihan ke data pribadi: Pinjol legal hanya membutuhkan data yang relevan dengan proses pinjaman, seperti data diri, kontak, dan informasi pekerjaan. Waspadalah jika pinjol meminta akses ke galeri foto, media sosial, atau data pribadi lainnya yang tidak terkait dengan pinjaman.
  • Menawarkan bunga tinggi dan proses pencairan instan: Pinjol ilegal biasanya menawarkan bunga tinggi dan proses pencairan instan untuk menarik perhatian calon peminjam. Perlu diingat bahwa penawaran yang terlalu menggiurkan patut dicurigai. Pinjol legal memiliki standarisasi yang sudah di atur oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).
  • Menggunakan cara penagihan yang tidak etis: Pinjol ilegal seringkali menggunakan cara penagihan yang tidak etis, seperti meneror melalui pesan singkat, telepon, atau media sosial. Perlu diingat kembali bahwa platform pinjaman online yang Aman serta telah memiliki legalitas yang jelas memiliki standarisasi dalam cara penagihan mereka dan telah di atur oleh regulasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan).