Mohon Tunggu . . .

Bijak Kelola Keuangan! Alternatif Cerdas Sebelum Memutuskan Meminjam Uang

Penulis : Admin Singa
Dipublikasikan: 2 bulan yang lalu

Halo Sobat Singa, Dalam mengelola keuangan terkadang kita dihadapkan dengan situasi membutuhkan dana mendadak. Pinjaman mungkin terlihat sebagai solusi cepat, namun penting untuk diingat bahwa ada risiko dan tanggung jawab yang menyertainya. Sebelum memutuskan mengambil pinjaman, mari kita bahas tips bijak mengelola keuangan sebelum mengambil keputusan untuk meminjam nih Sobat Singa! Apa saja yang perlu kamu identifikasi ketika ingin memutuskan untuk meminjam : 

 

1. Identifikasi Kebutuhanmu Dengan Jelas 

  • Pahami untuk apakah uang yang akan Anda pinjam? 
  • Apakah kebutuhan ini benar-benar mendesak dan tidak bisa ditunda?
  • Apakah Anda meminjam jumlah pinjaman yang sesuai dengan kemampuan cicilan Anda 
  • Apakah Anda sudah membaca secara rinci jenis jenis pinjaman yang tersedia serta penjelasan bunga, tenor dan lainnya?

2. Cari Dana Tambahan 

  • Coba cek lemari Anda, dan carilah barang yang sudah tidak terpakai. Kumpulkan barang-barang tersebut dan coba jual! siapa tahu bisa jadi dana tambahan Anda untuk mencari dana tambahan. 
  • Anda juga bisa mencari dana tambahan dengan bekerja paruh waktu atau bekerja secara freelance. Coba cari peluang yang ada saat ini yang sesuai dengan kemampuan dan waktu Anda. Dengan memiliki perkerjaan tambahan Anda bisa mendapatkan penghasilan sementara yang akan memberi Anda dana tambahan lebih nih Sobat Singa.

3. Mengatur Pengeluaran Dengan Baik

  • Anda bisa coba membuat anggaran keuangan setiap bulannya dari segala sumber pemasukan dan segala jenis pengeluaran Anda setiap perbulannya. Catat lah semua jenis pemasukan dan pengeluaran Anda 
  • Prioritaskan kebutuhan primer Anda dan hindari gaya hidup impulsif dan konsumtif. 
  • Pastikan Anda tetap menjaga ketat keuangan Anda agar sesuai dengan anggaran yang Anda telah buat setiap bulannya. 
  • Identifikasi jenis-jenis pengeluaran yang di anggap dapat di hilangkan atau di kurangi nominalnya.

4. Memperkaya Pengetahuan Akan Finansial

  • Cobalah mencari pakar keuangan untuk berkonsultasi, Dengan berkonsultasi dengan pakar keuangan Anda dapat memiliki saran keuangan berdasarkan situasi Anda saat ini. 
  • Jika Anda terhalang oleh biaya untuk berkonsultasi dengan pakar keuangan yang expert maka Anda dapat mencoba mencari tips dan informasi keuangan terkini yang tersedia pada berita, website, e-book, bahkan melalui edukasi yang di jalankan di sosial media saat ini.

5. Pinjaman sebagai Opsi Darurat Terakhir

  • Jika Anda merasa, semua hal sudah Anda upayakan namun Anda masih membutuhkan dana dalam jumlah tinggi yang darurat. Maka Anda dapat mempertimbangkan pinjaman sebagai opsi terakhir darurat Anda.
  • Pastikan Anda membandingkan pinjaman dengan cermat baik dari keterangan suku bunga, biaya admin, denda keterlambatan hingga berbagai penyedia pinjaman.
  • Pastikan Anda meminjam sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda setiap bulannya, pastikan Anda bijak dan bertanggung jawab dalam meminjam!. Ketika Anda sudah memutuskan untuk meminjam, pastikan Anda memilih platform ataupun lembaga keuangan yang resmi dan memiliki izin serta legalitas yang jelas. Jangan sampai Anda terkecoh dan memilih pinjaman yang illegal ya! pastikan selalu waspada dan cek legalitas platform peminjam pada situs Otoritas Jaksa Keuangan.

 

Ingat : Pinjaman bukanlah sumber pendapatan atau dana kilat dadakan, melainkan alat yang harus digunakan dengan bijak dan penuh tanggung jawab. Prioritaskan pengelolaan keuangan sehat, dan bila terpaksa meminjam, pastikan dilakukan dengan perencanaan matang dan sesuai kemampuan. Ingat selalu untuk bijak meminjam agar Anda memiliki hidup yang lebih baik ya! #LiveBetterWithSinga.

 

*Artikel ini bertujuan memberikan edukasi keuangan yang bertanggung jawab. Mari bijak kelola keuangan untuk masa depan yang lebih baik!

Facebook Twitter Instagram Linkedin Tiktok