Mohon Tunggu . . .

Ajukan Pinjaman Pakai Jaminan, Emangnya Masih Zaman?

Penulis : SuperAdmin
Dipublikasikan: 1 minggu yang lalu

Halo Sobat Singa di tengah era kemudahan finansial saat ini, pengajuan pinjaman kerap dikaitkan dengan proses online yang simpel dan cepat. Namun, tak sedikit yang masih familiar dengan skema pinjaman dengan jaminan sebagai syarat utamanya. Pertanyaannya, mengajukan pinjaman pakai jaminan, masih zaman tidak sih? Pada artikel kali ini mari bersama kita analisa keuntungan dan kerugian dari mengajukan pinjaman menggunakan jaminan : 

 

Keuntungan

  • Limit Pinjaman Lebih Besar: Umumnya mengajukan pinjaman menggunakan jaminan membuat Anda bisa mengajukan pinjaman dengan nominal yang lebih besar dibandingkan pinjaman tanpa jaminan. Sehingga cocok untuk kebutuhan dana yang besar, seperti renovasi rumah atau modal usaha.
  • Tenor Pinjaman Lebih Panjang: Tenor atau jangka waktu pinjaman dengan jaminan biasanya lebih panjang dibandingkan pinjaman tanpa jaminan. Ini memberi Anda kelonggaran waktu untuk melunasi cicilan.

Kerugian

  • Resiko Kehilangan Jaminan: Perlu adanya aset untuk di gadaikan jika Anda menggunakan pinjaman dengan jaminan. Jika Anda gagal membayar cicilan, aset yang Anda jaminkan berisiko diambil alih oleh pihak pemberi pinjaman. Ini bisa berupa sertifikat rumah, tanah, atau kendaraan bermotor.
  • Proses Pengajuan Lebih Lama: Pengajuan pinjaman dengan jaminan biasanya cenderung membutuhkan proses verifikasi yang lebih rumit, termasuk penilaian aset yang dijaminkan. Sehingga memakan waktu lebih lama dibandingkan pinjaman online.
  • Syarat dan Ketentuan Ketat: Kriteria dan persyaratan pengajuan pinjaman dengan jaminan biasanya lebih ketat. Misalnya, mensyaratkan kepemilikan aset tertentu dengan nilai minimal.

Jadi, masih zaman tidak mengajukan pinjaman pakai jaminan?

Jawabannya tergantung pada kebutuhan Anda dan kondisi finansial. Jika Anda membutuhkan dana yang cukup besar,  mungkin Anda dapat mempertimbangkan pengajuan pinjaman dengan jaminan. Namun kini telah hadir banyak opsi yang memudahkan masyarakat yang ingin mencari dana pinjaman tanpa perlu menggadaikan aset ataupun memberikan jaminan. Beberapa alternatif yang dapat Anda pertimbangkan tanpa membutuhkan aset untuk di gadaikan atau di jamin adalah :

  • Pinjaman Online, Pinjaman online (pinjol) menawarkan proses pengajuan pinjaman dana yang cepat dan mudah. Pengajuan pinjaman dana pinjaman online juga memiliki persyaratan yang lebih mudah seperti hanya memerlukan KTP dan mengisi data diri yang di perlukan, Anda juga tidak perlu menggadai aset tertentu ataupun memberikan jaminan untuk pinjaman yang Anda butuhkan. Anda juga bisa mendapatkan jumlah pinjaman yang tinggi dan suku bunga yang terjangkau serta tenor cicilan yang dapat di sesuaikan oleh kebutuhan Anda. Dalam memilih pinjaman online pastikan Anda memilih pinjaman online yang aman dan sudah terjamin legalitasnya! Pastikan Anda memilih pinjaman online yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. 

Facebook Twitter Instagram Linkedin Tiktok