Himbauan! Waspada Penipuan !

Jaga diri dari segala bentuk upaya penipuan yang mengatasnamakan Singa Fintech (PT. Abadi Sejahtera Finansindo).

Peringatan !

HATI-HATI, TRANSAKSI INI BERISIKO TINGGI, ANDA DAPAT SAJA MENGALAMI KERUGIAN ATAU KEHILANGAN UANG. JANGAN BERUTANG JIKA TIDAK MEMILIKI KEMAMPUAN MEMBAYAR. PERTIMBANGKAN SECARA BIJAK SEBELUM BERTRANSAKSI.

Kendala & Pengaduan

Layanan Konsumen ( Customer Service )

Ingin menanyakan dan memiliki kendala apapun terkait aplikasi Singa, segera hubungi Customer Service ya Sobat Singa! Hati-hati dengan Oknum yang mengatasnamakan Singa. Layanan resmi Singa Fintech tertera di aplikasi Singa :

  • Call center : 1500066
  • Email : cs@singa.id Live Chat dalam aplikasi Singa
  • Customer Walk In (Datang ke kantor) Lokasi kantor pusat Singa berada pada Foresta Business Loft 5 unit 30 pada kawasan BSD, Tangerang selatan, Indonesia

Penagihan

Tidak punya tagihan namun ada penagihan

Sebelumnya kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang Pengguna alami.
Besar kemungkinannya untuk tim penagihan untuk menghubungi Pengguna sebagai kontak darurat oleh pihak lain.
Jika Pengguna merasa tidak memiliki tagihan Singa ataupun tidak merasa telah dijadikan sebagai kontak darurat, silakan melaporkan kendala Pengguna kepada tim layanan konsumer (Customer Service) Singa melalui fitur Live Chat maupun melalui layanan Call Center resmi pada nomor 1500066.
Setelah Pengguna menghubungi tim layanan konsumen (Customer Service) kami akan membantu untuk mengatasi kendala Pengguna.

Pihak dan metode penagihan

Proses penagihan pinjaman Pengguna, akan dilakukan oleh tenaga penagihan resmi yang sudah memiliki sertifikasi resmi untuk melakukan penagihan.

Tim Koleksi akan melakukan penagihan melalui sambungan Telefon, Email dan pesan WhatsApp.

Sudah bayar tapi ada penagihan

Proses penagihan Pengguna akan diberhentikan apabila Pengguna telah melakukan pembayaran tagihan.
Adapun proses pembaharuan status pembayaran Pengguna membutuhkan waktu sampai dengan 1×24 jam.
Jika Pengguna baru saja melakukan pembayaran dalam waktu dekat dan mendapatkan tagihan, maka Pengguna dapat mengabaikan penagihan tersebut atau mengirimkan buktinya ke alamat email cs@singa.id

Belum jatuh tempo, terima penagihan

Notifikasi yang Pengguna terima hanya merupakan fitur pengingat saja, belum termasuk kedalam kategori Penagihan Pinjaman,
Penagihan dilakukan saat Pengguna telah melewati waktu pembayaran seharusnya.

Pembayaran

Sudah bayar, belum terupdate di aplikasi Singa

Berikut ini beberapa alasan mengapa status Pengguna belum berubah:

  • Waktu Pemrosesan Pembayaran Pembayaran memerlukan waktu untuk diproses. Tergantung pada metode pembayaran dan institusi yang terlibat, mungkin diperlukan waktu beberapa jam agar pembayaran terlihat di sistem.
  • Keterlambatan Bank atau Gerbang Pembayaran Jika pembayaran melibatkan bank atau gerbang pembayaran pihak ketiga, penundaan dapat terjadi karena waktu pemrosesannya, terutama pada akhir pekan atau hari libur.
  • Harap berikan waktu beberapa saat agar pembayaran diproses dan tercermin dalam sistem. Jika status tidak diperbarui dalam waktu yang wajar, hubungi layanan pelanggan kami. Berikan mereka rincian pembayaran Pengguna dan bukti pembayaran apa pun.

    Catatan:
    Mohon kesediaannya menunggu selama 1×24 jam untuk perubahan status di aplikasi, apabila status di aplikasi masih belum berubah, silakan kirimkan bukti tangkapan layar / foto riwayat pembayaran aplikasi Pengguna kembali ke cs@singa.id.

Pencairan

Dana belum juga cair ke rekening

  • Jika dana pinjaman Pengguna belum cair ke rekening Pengguna, mungkin ada beberapa alasan:
  • Proses Persetujuan Pastikan pengajuan pinjaman Pengguna telah disetujui sepenuhnya. Terkadang, mungkin ada masa tunggu antara persetujuan dan pencairan.
  • Waktu Pemrosesan Bank mungkin ada penundaan karena waktu pemrosesan bank. Bank yang berbeda memiliki kecepatan pemrosesan yang berbeda untuk transfer masuk.
  • Kesalahan Informasi Rekening Pastikan informasi rekening bank yang diberikan akurat. Kesalahan dalam rincian rekening dapat menyebabkan kegagalan transaksi.

    Catatan :
    Perihal kendala tidak menerima dana pencairan pinjaman pada aplikasi Singa, mohon untuk informasikan data-data sebagai berikut dan kirimkan ke layanan konsumen Singa melalui email cs@singa.id beserta Kronologi lengkap. Bukti Mutasi Rekening Koran dari tanggal satu (1) hari sebelum Pengajuan sampai dengan tanggal pengadua

Penipuan / Fraud

Himbauan & Cara menghindari penipuan

Adapun cara untuk meminimalisir terjadinya penipuan mohon untuk tetap melindungi informasi pribadi Pengguna dengan tidak membagikannya secara sembarangan seperti NIK dan foto KTP. Institusi keuangan atau lembaga resmi tidak akan pernah meminta informasi sensitif melalui panggilan telepon atau email. Sebelum memberikan informasi atau menanggapi suatu permintaan, pastikan untuk memverifikasi keabsahan sumbernya. Jangan ragu untuk menghubungi perusahaan atau lembaga terkait langsung.

Jangan pernah menginformasikan dan membagikan kode OTP ataupun kata sandi pribadi Pengguna ke pihak manapun.

Perbarui Sistem Keamanan Pastikan perangkat lunak keamanan Pengguna, termasuk antivirus dan firewall, selalu diperbarui. Ini dapat membantu melindungi data Pengguna dari ancaman online.

Pastikan selalu berhati-hati sebelum tergiur akan tawaran bonus hingga hadiah yang diberikan dari pihak pihak yang mengatasnamakan Singa Fintech, selalu cek terlebih dahulu kebenarannya melalui hotline resmi dan email resmi Singa Fintech.

Peretasan dapat terjadi dari adanya kemungkinan Penggunaan aplikasi ilegal, Penggunaan VPN penguat sinyal, Penggunaan wifi di tempat umum ataupun ketidaksengajaan Penggunaan link yang berasal dari Oknum penipuan. Dapat mengakibatkan kebocoran dan pencurian data dari Oknum tidak bertanggung jawab.

Singa Fintech tidak bertanggung jawab atas kerugian yang disebabkan oleh hal dan transaksi diluar aplikasi Singa. Diluar aplikasi Singa, menjaga keamanan data dan perangkat pribadi merupakan tanggung jawab dari masing-masing pemilik data dan perangkat itu sendiri.

Selalu berhati-hati dan membaca langkah langkah dalam cara melakukan pembayaran yang benar, jangan mudah percaya akan Setiap tawaran melakukan pembayaran di luar arahan aplikasi. Mohon untuk dapat menjaga kerahasiaan data Pengguna dan berhati-hati dengan pihak terkait yang mengatasnamakan Singa Fintech agar terhindar dari penipuan. Jika ada yang menghubungi Pengguna dan mengatasnamakan Singa Fintech, Pengguna dapat konfirmasi pihak terkait tersebut melalui email resmi Customer Service Singa Fintech yang tertera di aplikasi agar dapat melakukan pengecekan lebih lanjut.

Untuk Informasi Aplikasi Singa Fintech tidak pernah meminta untuk pengembalian dana pencairan pinjaman, dan mohon jangan melakukan transfer ke rekening apapun selain yang ada pada aplikasi.

Untuk mengetahui produk terbaru pada aplikasi Singa Fintech, Pengguna dapat mengunjungi sosial media kami dan Ingat selalu, sosial media resmi Singa Fintech hanya yang tertera pada website Singa Fintech dan aplikasi Singa.

Kami menghimbau untuk selalu berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan aplikasi Singa Fintech, silakan lakukan pembayaran melalui kode virtual account pembayaran yang didapatkan langsung dari aplikasi Singa Fintech Pengguna atau dapat meminta kode pembayaran dikirimkan melalui email cs@singa.id.

Pengguna dapat membaca langkah-langkah pencegahan terjadinya penipuan dari Oknum penipuan di https://www.singa.id/bantuan/ dan https://singa.id/posts/himbauan-waspada-penipuan

Kendala Pengaduan

Pertanyaan yang sering ditanyakan tentang kategori "Kendala Pengaduan"

Layanan Konsumen ( Customer Service )

Ingin menanyakan dan memiliki kendala apapun terkait aplikasi Singa, segera hubungi Customer Service ya Sobat Singa! Hati-hati dengan Oknum yang mengatasnamakan Singa. Layanan resmi Singa Fintech tertera di aplikasi Singa :

  • Call center : 1500066
  • Email : cs@singa.id Live Chat dalam aplikasi Singa
  • Customer Walk In (Datang ke kantor) Lokasi kantor pusat Singa berada pada Foresta Business Loft 5 unit 30 pada kawasan BSD, Tangerang selatan, Indonesia

Penagihan

Tidak punya tagihan namun ada penagihan

Sebelumnya kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang Pengguna alami.
Besar kemungkinannya untuk tim penagihan untuk menghubungi Pengguna sebagai kontak darurat oleh pihak lain.
Jika Pengguna merasa tidak memiliki tagihan Singa ataupun tidak merasa telah dijadikan sebagai kontak darurat, silakan melaporkan kendala Pengguna kepada tim layanan konsumer (Customer Service) Singa melalui fitur Live Chat maupun melalui layanan Call Center resmi pada nomor 1500066.
Setelah Pengguna menghubungi tim layanan konsumen (Customer Service) kami akan membantu untuk mengatasi kendala Pengguna.

Pihak dan metode penagihan

Proses penagihan pinjaman Pengguna, akan dilakukan oleh tenaga penagihan resmi yang sudah memiliki sertifikasi resmi untuk melakukan penagihan.

Tim Koleksi akan melakukan penagihan melalui sambungan Telefon, Email dan pesan WhatsApp.

Sudah bayar tapi ada penagihan

Proses penagihan Pengguna akan diberhentikan apabila Pengguna telah melakukan pembayaran tagihan.
Adapun proses pembaharuan status pembayaran Pengguna membutuhkan waktu sampai dengan 1×24 jam.
Jika Pengguna baru saja melakukan pembayaran dalam waktu dekat dan mendapatkan tagihan, maka Pengguna dapat mengabaikan penagihan tersebut atau mengirimkan buktinya ke alamat email cs@singa.id

Belum jatuh tempo, terima penagihan

Notifikasi yang Pengguna terima hanya merupakan fitur pengingat saja, belum termasuk kedalam kategori Penagihan Pinjaman,
Penagihan dilakukan saat Pengguna telah melewati waktu pembayaran seharusnya.

Pembayaran

Sudah bayar, belum terupdate di aplikasi Singa

Berikut ini beberapa alasan mengapa status Pengguna belum berubah:

  • Waktu Pemrosesan Pembayaran Pembayaran memerlukan waktu untuk diproses. Tergantung pada metode pembayaran dan institusi yang terlibat, mungkin diperlukan waktu beberapa jam agar pembayaran terlihat di sistem.
  • Keterlambatan Bank atau Gerbang Pembayaran Jika pembayaran melibatkan bank atau gerbang pembayaran pihak ketiga, penundaan dapat terjadi karena waktu pemrosesannya, terutama pada akhir pekan atau hari libur.
  • Harap berikan waktu beberapa saat agar pembayaran diproses dan tercermin dalam sistem. Jika status tidak diperbarui dalam waktu yang wajar, hubungi layanan pelanggan kami. Berikan mereka rincian pembayaran Pengguna dan bukti pembayaran apa pun.

    Catatan:
    Mohon kesediaannya menunggu selama 1×24 jam untuk perubahan status di aplikasi, apabila status di aplikasi masih belum berubah, silakan kirimkan bukti tangkapan layar / foto riwayat pembayaran aplikasi Pengguna kembali ke cs@singa.id.

Pencairan

Dana belum juga cair ke rekening

  • Jika dana pinjaman Pengguna belum cair ke rekening Pengguna, mungkin ada beberapa alasan:
  • Proses Persetujuan Pastikan pengajuan pinjaman Pengguna telah disetujui sepenuhnya. Terkadang, mungkin ada masa tunggu antara persetujuan dan pencairan.
  • Waktu Pemrosesan Bank mungkin ada penundaan karena waktu pemrosesan bank. Bank yang berbeda memiliki kecepatan pemrosesan yang berbeda untuk transfer masuk.
  • Kesalahan Informasi Rekening Pastikan informasi rekening bank yang diberikan akurat. Kesalahan dalam rincian rekening dapat menyebabkan kegagalan transaksi.

    Catatan :
    Perihal kendala tidak menerima dana pencairan pinjaman pada aplikasi Singa, mohon untuk informasikan data-data sebagai berikut dan kirimkan ke layanan konsumen Singa melalui email cs@singa.id beserta Kronologi lengkap. Bukti Mutasi Rekening Koran dari tanggal satu (1) hari sebelum Pengajuan sampai dengan tanggal pengadua

Penipuan / Fraud

Himbauan & Cara menghindari penipuan

Adapun cara untuk meminimalisir terjadinya penipuan mohon untuk tetap melindungi informasi pribadi Pengguna dengan tidak membagikannya secara sembarangan seperti NIK dan foto KTP. Institusi keuangan atau lembaga resmi tidak akan pernah meminta informasi sensitif melalui panggilan telepon atau email. Sebelum memberikan informasi atau menanggapi suatu permintaan, pastikan untuk memverifikasi keabsahan sumbernya. Jangan ragu untuk menghubungi perusahaan atau lembaga terkait langsung.

Jangan pernah menginformasikan dan membagikan kode OTP ataupun kata sandi pribadi Pengguna ke pihak manapun.

Perbarui Sistem Keamanan Pastikan perangkat lunak keamanan Pengguna, termasuk antivirus dan firewall, selalu diperbarui. Ini dapat membantu melindungi data Pengguna dari ancaman online.

Pastikan selalu berhati-hati sebelum tergiur akan tawaran bonus hingga hadiah yang diberikan dari pihak pihak yang mengatasnamakan Singa Fintech, selalu cek terlebih dahulu kebenarannya melalui hotline resmi dan email resmi Singa Fintech.

Peretasan dapat terjadi dari adanya kemungkinan Penggunaan aplikasi ilegal, Penggunaan VPN penguat sinyal, Penggunaan wifi di tempat umum ataupun ketidaksengajaan Penggunaan link yang berasal dari Oknum penipuan. Dapat mengakibatkan kebocoran dan pencurian data dari Oknum tidak bertanggung jawab.

Singa Fintech tidak bertanggung jawab atas kerugian yang disebabkan oleh hal dan transaksi diluar aplikasi Singa. Diluar aplikasi Singa, menjaga keamanan data dan perangkat pribadi merupakan tanggung jawab dari masing-masing pemilik data dan perangkat itu sendiri.

Selalu berhati-hati dan membaca langkah langkah dalam cara melakukan pembayaran yang benar, jangan mudah percaya akan Setiap tawaran melakukan pembayaran di luar arahan aplikasi. Mohon untuk dapat menjaga kerahasiaan data Pengguna dan berhati-hati dengan pihak terkait yang mengatasnamakan Singa Fintech agar terhindar dari penipuan. Jika ada yang menghubungi Pengguna dan mengatasnamakan Singa Fintech, Pengguna dapat konfirmasi pihak terkait tersebut melalui email resmi Customer Service Singa Fintech yang tertera di aplikasi agar dapat melakukan pengecekan lebih lanjut.

Untuk Informasi Aplikasi Singa Fintech tidak pernah meminta untuk pengembalian dana pencairan pinjaman, dan mohon jangan melakukan transfer ke rekening apapun selain yang ada pada aplikasi.

Untuk mengetahui produk terbaru pada aplikasi Singa Fintech, Pengguna dapat mengunjungi sosial media kami dan Ingat selalu, sosial media resmi Singa Fintech hanya yang tertera pada website Singa Fintech dan aplikasi Singa.

Kami menghimbau untuk selalu berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan aplikasi Singa Fintech, silakan lakukan pembayaran melalui kode virtual account pembayaran yang didapatkan langsung dari aplikasi Singa Fintech Pengguna atau dapat meminta kode pembayaran dikirimkan melalui email cs@singa.id.

Pengguna dapat membaca langkah-langkah pencegahan terjadinya penipuan dari Oknum penipuan di https://www.singa.id/bantuan/ dan https://singa.id/posts/himbauan-waspada-penipuan

Scroll to Top

TKB Information

Sesuai dengan prinsip transparansi informasi untuk perlindungan Pengguna yang wajib dilaksanakan oleh penyelenggara Layanan Pendaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) dan diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan pada POJK 10/POJK 05/2022 dan SEOJK No.19 Tahun 2023, maka Singa Fintech mempublikasikan Tingkat Keberhasilan Penyelesaian Pinjaman dalam 90 hari (TKB90), 60 hari (TKB60), 30 hari (TKB30), 0 hari (TKB0) sebagaimana tertera.

Semakin tinggi presentasi TKB90 yang tertera, menandakan semakin baiknya penyelenggara dalam memfasilitasi penyelesaian pinjam meminjam antara pemberi dan penerima pinjaman.

Rumus perhitungan yang digunakan : 

1. TKB90

TKB 90 = 100% – TWP 90

TWP 90 =

Posisi akhir wanprestasi diatas 90 hari kalender

Total posisi akhir

X 100%

2. TKB60

TKB 60 = 100% – TWP 60

TWP 60 =

Posisi akhir wanprestasi diatas 60 hari kalender

Total posisi akhir

X 100%

3. TKB30

TKB 30 = 100% – TWP 30

TWP 30 =

Posisi akhir wanprestasi diatas 30 hari kalender

Total posisi akhir

X 100%

4. TKB0

TKB 0 = 100% – TWP 0

TWP 0 =

Posisi akhir wanprestasi diatas 0 hari kalender

Total posisi akhir

X 100%