Akun dan Keamanan
Pertanyaan yang sering ditanyakan tentang kategori "Akun dan Keamanan"
Ganti Nomor Terdaftar
Singa belum menyediakan fitur pergantian nomor telepon. Silakan mengaktifkan kembali nomor lama Pengguna melalui gerai nomor telepon terdaftar Pengguna agar proses pengajuan dapat dilanjutkan.
- Catatan: Jika Pengguna memiliki tagihan di aplikasi Singa, Pengguna dapat menghubungi tim terkait divisi pembayaran melalui email di collection@singa.id dengan subject : Informasi Pembayaran agar dapat dibantu lebih lanjut.
Lupa Kata Sandi
- Hapus dan Install kembali aplikasi Singa lalu buka, Klik Sign In/Masuk.
- Klik lupa kata sandi, lalu masukan nomor ponsel terdaftar di aplikasi Singa Fintech
- Klik “Kirim OTP” pilih melalui SMS atau Suara
- Masukan 4 angka kode OTP yang diterima melalui SMS atau untuk OTP melalui suara adalah 4 angka terakhir dari nomor panggilan yang masuk ke nomor Pengguna
- Silakan buat kata sandi baru Pengguna
- Selesai
Apabila masih kendala Pengguna dapat menunggu kurang lebih 1 (satu) menit untuk ubah permintaan kode OTP ke sms, whatsapp atau panggilan telepon.
Keamanan Data
Kode OTP
Pengguna dapat menerima kode OTP melalui pesan teks (SMS), panggilan telepon, atau WhatsApp Mohon dipastikan :
- Nomor telepon yang terdaftar dalam kondisi aktif ( tidak dalam masa tenggang )
- Pastikan kotak masuk sms masih tersedia ( tidak penuh )
- Pastikan pulsa Pengguna masih tersedia
- Pastikan tidak menggunakan jaringan Wifi
- Pastikan jaringan internet dalam kondisi stabil
Apabila dalam 1 menit kode OTP belum diterima Pengguna dapat memilih 3 kategori untuk mendapatkan kode OTP yakni melalui sms, pesan whatsapp dan telepon.
Jika terdapat notifikasi Pengguna sudah mencapai batas maksimum permintaan kode OTP ( sejak percobaan terakhir ) Pengguna dapat mencoba kembali dalam 1×24 jam kedepan.
Indikasi Peretasan Perangkat
Adapun cara untuk meminimalisir terjadinya penipuan :
- Mohon untuk tetap melindungi informasi pribadi Pengguna dengan tidak membagikannya secara sembarangan seperti NIK dan foto KTP.
- Institusi keuangan atau lembaga resmi tidak akan pernah meminta informasi sensitif melalui panggilan telepon atau email. Sebelum memberikan informasi atau menanggapi suatu permintaan, pastikan untuk memverifikasi keabsahan sumbernya.
- Jangan ragu untuk menghubungi perusahaan atau lembaga terkait langsung. Jangan pernah menginformasikan dan membagikan kode OTP ataupun kata sandi pribadi Pengguna ke pihak manapun.
- Perbarui Sistem Keamanan Pastikan perangkat lunak keamanan Pengguna, termasuk antivirus dan firewall, selalu diperbarui. Ini dapat membantu melindungi data Pengguna dari ancaman online.
- Pastikan selalu berhati-hati sebelum tergiur akan tawaran bonus hingga hadiah yang diberikan dari pihak pihak yang mengatasnamakan Singa Fintech, selalu cek terlebih dahulu kebenarannya melalui hotline resmi dan email resmi Singa Fintech.
- Peretasan dapat terjadi dari adanya kemungkinan Penggunaan aplikasi ilegal, Penggunaan VPN penguat sinyal, Penggunaan wifi di tempat umum ataupun ketidaksengajaan Penggunaan link yang berasal dari Oknum penipuan.
- Dapat mengakibatkan kebocoran dan pencurian data dari Oknum tidak bertanggung jawab.
- Singa Fintech tidak bertanggung jawab atas kerugian yang disebabkan oleh hal dan transaksi diluar aplikasi Singa. Diluar aplikasi Singa, menjaga keamanan data dan perangkat pribadi merupakan tanggung jawab dari masing-masing pemilik data dan perangkat itu sendiri.
- Selalu berhati-hati dan membaca langkah langkah dalam cara melakukan pembayaran yang benar, jangan mudah percaya akan Setiap tawaran melakukan pembayaran di luar arahan aplikasi.
- Mohon untuk dapat menjaga kerahasiaan data Pengguna dan berhati-hati dengan pihak terkait yang mengatasnamakan Singa Fintech agar terhindar dari penipuan.
Jika ada yang menghubungi Pengguna dan mengatasnamakan Singa Fintech, Pengguna dapat konfirmasi pihak terkait tersebut melalui email resmi Customer Service Singa Fintech yang tertera di aplikasi agar dapat melakukan pengecekan lebih lanjut.
Untuk Informasi Aplikasi Singa Fintech tidak pernah meminta untuk pengembalian dana pencairan pinjaman, dan mohon jangan melakukan transfer ke rekening apapun selain yang ada pada aplikasi.
Untuk mengetahui produk terbaru pada aplikasi Singa Fintech, Pengguna dapat mengunjungi sosial media kami dan Ingat selalu, sosial media resmi Singa Fintech hanya yang tertera pada website Singa Fintech dan aplikasi Singa.
Kami menghimbau untuk selalu berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan aplikasi Singa Fintech, silakan lakukan pembayaran melalui kode virtual account pembayaran yang didapatkan langsung dari aplikasi Singa Fintech Pengguna atau dapat meminta kode pembayaran dikirimkan melalui email cs@singa.id.
Pengguna dapat membaca langkah-langkah pencegahan terjadinya penipuan dari Oknum penipuan di https://singa.id/posts/himbauan-waspada-penipuan
Ubah Data Diri
Saat ini hanya data rekening yang dapat diubah melalui aplikasi Singa
Berikut adalah langkah – langkah melakukan perbaikan pada rekening data Pengguna di aplikasi:
- Masuk aplikasi Singa
- Pilih Profil
- Pilih Data Bank
- Sesuaikan Nomor rekening dan Nama pemilik rekening Pengguna sesuai dengan data di buku tabungan/Bank terkait
- Tekan ‘langkah selanjutnya’
- Kembali ke Halaman awal aplikasi Singa
Akun dan Keamanan
Pertanyaan yang sering ditanyakan tentang kategori "Akun dan Keamanan"
Ganti Nomor Terdaftar
Singa belum menyediakan fitur pergantian nomor telepon. Silakan mengaktifkan kembali nomor lama Pengguna melalui gerai nomor telepon terdaftar Pengguna agar proses pengajuan dapat dilanjutkan.
- Catatan: Jika Pengguna memiliki tagihan di aplikasi Singa, Pengguna dapat menghubungi tim terkait divisi pembayaran melalui email di collection@singa.id dengan subject : Informasi Pembayaran agar dapat dibantu lebih lanjut.
Hapus Data
Pengguna dapat menggunakan fitur ‘Hapus data diri’ pada aplikasi Singa. Sebelum melakukan penghapusan data diri Pengguna, mohon cek kembali apakah aplikasi Singa Fintech Pengguna sudah dalam versi terbaru atau belum. Jika belum, silakan update terlebih dahulu aplikasi Singa Fintech Pengguna. Setelah itu Pengguna dapat menekan tombol "Saya" pada layar aplikasi, lalu klik bagian "Pengaturan", kemudian pilih "Hapus data Pengguna". Pastikan aplikasi Singa Fintech Pengguna adalah versi terbaru agar dapat menggunakan fitur hapus data tersebut.
- Apabila sudah melakukan penghapusan data Pengguna dan muncul notifikasi berhasil, maka Pengguna akan otomatis keluar dari aplikasi. Ketika masuk aplikasi Singa Fintech Pengguna akan berada pada tahap awal atau pengisian data kembali.
Lupa Kata Sandi
- Hapus dan Install kembali aplikasi Singa lalu buka, Klik Sign In/Masuk.
- Klik lupa kata sandi, lalu masukan nomor ponsel terdaftar di aplikasi Singa Fintech
- Klik “Kirim OTP” pilih melalui SMS atau Suara
- Masukan 4 angka kode OTP yang diterima melalui SMS atau untuk OTP melalui suara adalah 4 angka terakhir dari nomor panggilan yang masuk ke nomor Pengguna
- Silakan buat kata sandi baru Pengguna
- Selesai
Apabila masih kendala Pengguna dapat menunggu kurang lebih 1 (satu) menit untuk ubah permintaan kode OTP ke sms, whatsapp atau panggilan telepon.
Keamanan Data
Kode OTP
Pengguna dapat menerima kode OTP melalui pesan teks (SMS), panggilan telepon, atau WhatsApp Mohon dipastikan :
- Nomor telepon yang terdaftar dalam kondisi aktif ( tidak dalam masa tenggang )
- Pastikan kotak masuk sms masih tersedia ( tidak penuh )
- Pastikan pulsa Pengguna masih tersedia
- Pastikan tidak menggunakan jaringan Wifi
- Pastikan jaringan internet dalam kondisi stabil
Apabila dalam 1 menit kode OTP belum diterima Pengguna dapat memilih 3 kategori untuk mendapatkan kode OTP yakni melalui sms, pesan whatsapp dan telepon.
Jika terdapat notifikasi Pengguna sudah mencapai batas maksimum permintaan kode OTP ( sejak percobaan terakhir ) Pengguna dapat mencoba kembali dalam 1×24 jam kedepan.
Indikasi Peretasan Perangkat
Adapun cara untuk meminimalisir terjadinya penipuan :
- Mohon untuk tetap melindungi informasi pribadi Pengguna dengan tidak membagikannya secara sembarangan seperti NIK dan foto KTP.
- Institusi keuangan atau lembaga resmi tidak akan pernah meminta informasi sensitif melalui panggilan telepon atau email. Sebelum memberikan informasi atau menanggapi suatu permintaan, pastikan untuk memverifikasi keabsahan sumbernya.
- Jangan ragu untuk menghubungi perusahaan atau lembaga terkait langsung. Jangan pernah menginformasikan dan membagikan kode OTP ataupun kata sandi pribadi Pengguna ke pihak manapun.
- Perbarui Sistem Keamanan Pastikan perangkat lunak keamanan Pengguna, termasuk antivirus dan firewall, selalu diperbarui. Ini dapat membantu melindungi data Pengguna dari ancaman online.
- Pastikan selalu berhati-hati sebelum tergiur akan tawaran bonus hingga hadiah yang diberikan dari pihak pihak yang mengatasnamakan Singa Fintech, selalu cek terlebih dahulu kebenarannya melalui hotline resmi dan email resmi Singa Fintech.
- Peretasan dapat terjadi dari adanya kemungkinan Penggunaan aplikasi ilegal, Penggunaan VPN penguat sinyal, Penggunaan wifi di tempat umum ataupun ketidaksengajaan Penggunaan link yang berasal dari Oknum penipuan.
- Dapat mengakibatkan kebocoran dan pencurian data dari Oknum tidak bertanggung jawab.
- Singa Fintech tidak bertanggung jawab atas kerugian yang disebabkan oleh hal dan transaksi diluar aplikasi Singa. Diluar aplikasi Singa, menjaga keamanan data dan perangkat pribadi merupakan tanggung jawab dari masing-masing pemilik data dan perangkat itu sendiri.
- Selalu berhati-hati dan membaca langkah langkah dalam cara melakukan pembayaran yang benar, jangan mudah percaya akan Setiap tawaran melakukan pembayaran di luar arahan aplikasi.
- Mohon untuk dapat menjaga kerahasiaan data Pengguna dan berhati-hati dengan pihak terkait yang mengatasnamakan Singa Fintech agar terhindar dari penipuan.
Jika ada yang menghubungi Pengguna dan mengatasnamakan Singa Fintech, Pengguna dapat konfirmasi pihak terkait tersebut melalui email resmi Customer Service Singa Fintech yang tertera di aplikasi agar dapat melakukan pengecekan lebih lanjut.
Untuk Informasi Aplikasi Singa Fintech tidak pernah meminta untuk pengembalian dana pencairan pinjaman, dan mohon jangan melakukan transfer ke rekening apapun selain yang ada pada aplikasi.
Untuk mengetahui produk terbaru pada aplikasi Singa Fintech, Pengguna dapat mengunjungi sosial media kami dan Ingat selalu, sosial media resmi Singa Fintech hanya yang tertera pada website Singa Fintech dan aplikasi Singa.
Kami menghimbau untuk selalu berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan aplikasi Singa Fintech, silakan lakukan pembayaran melalui kode virtual account pembayaran yang didapatkan langsung dari aplikasi Singa Fintech Pengguna atau dapat meminta kode pembayaran dikirimkan melalui email cs@singa.id.
Pengguna dapat membaca langkah-langkah pencegahan terjadinya penipuan dari Oknum penipuan di https://singa.id/posts/himbauan-waspada-penipuan
Ubah Data Diri
Saat ini hanya data rekening yang dapat diubah melalui aplikasi Singa
Berikut adalah langkah – langkah melakukan perbaikan pada rekening data Pengguna di aplikasi:
- Masuk aplikasi Singa
- Pilih Profil
- Pilih Data Bank
- Sesuaikan Nomor rekening dan Nama pemilik rekening Pengguna sesuai dengan data di buku tabungan/Bank terkait
- Tekan ‘langkah selanjutnya’
- Kembali ke Halaman awal aplikasi Singa