Kebijakan Privasi
Kami terdaftar dengan nama PT Abadi Sejahtera Finansindo (“Singa”) di Republik Indonesia dan telah mendaftarkan kantor kami di Foresta Business Loft 5 Unit 30 Lengkong Kulon, Pagedangan, Tangerang.
Kami merupakan perusahaan yang didirikan secara sah dan diatur menurut hukum Indonesia dan sepenuhnya mematuhi semua hukum yang berlaku.
Terima kasih (selanjutnya disebut “Anda” atau “Pengguna“) karena telah memilih Singa (selanjutnya disebut “Singa” “Platform” “kami” “milik kami” atau “kita“).
Kebijakan Privasi ini dibuat untuk melindungi dan menjaga privasi dan kerahasiaan Pengguna Platform. Pengguna diharapkan membaca Kebijakan Privasi ini dengan cermat sebelum menggunakan Layanan Kami yang disediakan dalam Platform ini. Kebijakan Privasi ini tidak berlaku untuk situs web atau aplikasi seluler apa pun yang tidak kami operasikan yang dapat anda akses melalui Platform. Layanan tersebut diatur oleh kebijakan privasi yang muncul di situs dan aplikasi tersebut. Tergantung pada hubungan anda dengan kami, anda mungkin menerima pemberitahuan privasi lain dari kami yang memberikan rincian tambahan tentang praktik privasi kami. Dengan mengakses dan menggunakan Layanan yang disediakan dalam Platform, Pengguna mengakui bahwa mereka telah membaca, memahami dan menyetujui konten yang tertulis dalam Kebijakan Privasi ini dan ketentuan penggunaan Platform.
JIKA ANDA TIDAK SETUJU DALAM PENGOLAHAN DATA PRIBADI ANDA BERDASARKAN KEBIJAKAN PRIVASI INI, JANGAN MEMBERIKAN DATA PRIBADI APAPUN KETIKA DIMINTA OLEH KAMI DAN SEGERA BERHENTI MENGGUNAKAN PLATFORM KAMI DAN MENINGGALKAN PLATFORM KAMI. DENGAN TERUS MENGGUNAKAN DAN MENGAKSES PLATFORM KAMI ATAU MENYEDIAKAN DATA PRIBADI APAPUN, ANDA MENGAKUI DAN MENYETUJUI KETENTUAN MENGENAI DATA PRIBADI ANDA SEPERTI YANG DIJELASKAN DALAM KEBIJAKAN PRIVASI INI.
INFORMASI DATA
PENGUMPULAN INFORMASI PRIBADI, PENGGUNAAN DAN PENGUNGKAPAN
Saat anda membuat akun Singa melalui aplikasi atau website Singa, atau mengakses Aplikasi Singa melalui Google Play, Appstore, atau platform download lainnya (“Platform”), anda dimungkinkan untuk diminta memberikan atau memberikan informasi, mulai dari waktu demi waktu,
Platform Kami mengumpulkan Data Pribadi untuk menyediakan, memelihara, dan meningkatkan Layanan kami, serta untuk memproses segala bentuk permintaan, instruksi, aktivitas, transaksi yang dilakukan Pengguna, dan/atau untuk tujuan lain sepanjang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Jika Anda gagal memberikan data sebagaimana diperlukan, kami mungkin tidak dapat menyediakan layanan sebagaimana dimaksud. Data Pribadi yang dapat kami kumpulkan dari Pengguna adalah sebagai berikut:
1. Informasi Pribadi/Kontak: Nama, alamat email, kota tempat tinggal, alamat saat ini, alamat perusahaan, nomor telepon dan kontak darurat.
2. Data Identifikasi: Foto KTP, NIK, NPWP, nama gadis ibu, foto wajah, status perkawinan, kepemilikan harta benda, pendidikan, status sipil, industri dan pekerjaan, masa kerja, kota kerja.
3. Informasi Keuangan: Rincian rekening bank, rekening virtual, riwayat kredit, dan informasi pendapatan (tanggal pelepasan gaji dan pendapatan bulanan), tujuan pinjaman, status pinjaman dari pihak ketiga lainnya.
4. Data dan Fitur Teknis (termasuk namun terbatas pada): ID perangkat, sistem operasi seluler, nomor versi sistem operasi seluler, produsen ponsel, operator, model ponsel, jenis jaringan, bahasa sistem ponsel, alamat IP, alamat MAC, lokasi geografis, nama domain, kamera, mikrofon, informasi Aplikasi Terpasang (khusus Android), tingkat resolusi, garis bujur, garis lintang, IMEI, pengidentifikasi iklan seluler.
Untuk informasi Aplikasi yang sudah terinstal, jika anda setuju kami dapat mengumpulkan informasi Aplikasi Terinstal anda, silakan klik “Setuju” di halaman beranda dan pada saat proses peminjaman dan pembayaran kembali. Jika anda tidak setuju, silakan klik “Tolak”. Pilihan anda tidak akan mempengaruhi penggunaan anda atas Platform.
Selain informasi di atas, kami juga dapat mengumpulkan informasi tambahan dalam rangka memberikan layanan dan meningkatkan kualitas layanan kami, termasuk informasi yang Anda berikan saat menghubungi tim layanan pelanggan kami, termasuk kuesioner yang anda isi pada saat survei Pinjaman. Untuk meningkatkan keamanan penggunaan layanan Singa dan memberikan pencegahan penipuan dan ancaman virus yang lebih tepat dan efektif, kami mungkin memahami beberapa kebiasaan Anda dalam menggunakan jaringan, informasi perangkat lunak yang sering anda gunakan dan cara-cara lainnya untuk menentukan risiko akun, dan mencatat beberapa URL yang menurut kami berisiko.
Kami akan/dapat mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau memproses Informasi Pribadi Anda untuk tujuan berikut:
a. penilaian, analisis, identifikasi dan verifikasi, validasi atau pemeriksaan terhadap (i) Permohonan Pinjaman; (ii) proses atau permohonan pendaftaran sebagai Pemberi Pinjaman atau Peminjam; dan/atau (iii) Profil anda;
b. melakukan identifikasi dan verifikasi, penilaian risiko, analisis statistik serta perencanaan dan tren, termasuk melakukan Pengolahan data, analisis statistik, kredit, penyaringan risiko dan anti pencucian uang, membuat dan mengelola model penilaian kredit, melakukan pemeriksaan kredit, peninjauan dan pemeriksaan latar belakang lainnya dan menyimpan riwayat kredit anda untuk referensi saat ini dan masa depan;
c. mengelola hubungan kami dengan anda yang dapat mencakup pemberian informasi kepada anda mengenai Platform dan mengizinkan anda menggunakan layanan yang disediakan Platform, seperti untuk hal-hal berikut:
i. menghubungi anda mengenai permintaan atau kebutuhan anda;
ii. untuk kebutuhan bisnis kami secara umum, termasuk memverifikasi identitas dan reputasi kredit anda;
iii. mengidentifikasi ketika anda menghubungi kami atau mengunjungi Platform;
iv. memberikan informasi yang memadai yang tersimpan di Platform untuk mengidentifikasi Anda kepada Pemberi Pinjaman dan/atau Peminjam;
v. mengizinkan bank, badan keuangan atau pihak ketiga yang berwenang untuk melakukan konfirmasi mengenai status anda dalam database atau layanan kami (jika diperlukan);
vi. menangani pertanyaan atau keluhan yang dibuat oleh atau terkait dengan anda sehubungan dengan Platform dan disimpan untuk mencegah dan mendeteksi terjadinya penipuan, pelanggaran, dan potensi penyalahgunaan lainnya;
vii. memverifikasi kepatuhan anda terhadap syarat dan ketentuan yang mengatur penggunaan Platform;
viii. mengelola rekening escrow Pengguna kepada penyedia escrow account;
ix. memberi tahu anda mengenai perubahan apa pun pada Platform dan layanan;
x. memungkinkan anda untuk berpartisipasi dalam layanan fitur interaktif kami.
PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN PRODUK
d. untuk mengirimi anda materi promosi yang relevan dan pembaruan tentang Layanan kami. Kami dapat menggunakan data anda untuk menyesuaikan komunikasi pemasaran berdasarkan minat dan preferensi anda;
e. untuk menganalisis perilaku dan preferensi pengguna, dan meningkatkan kinerja Platform kami dengan cara yang paling efektif untuk anda melalui Platform kami;
f. untuk membatalkan penggunaan data untuk tujuan di atas, silakan menghubungi cs@Singa.
KEPATUHAN DAN UNTUK PERLINDUNGAN DARI TUNTUTAN HUKUM
g. untuk mengidentifikasi, memverifikasi, dan melakukan penilaian risiko sesuai dengan peraturan perundang-undangan terkait Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme;
h. mematuhi, memenuhi persyaratan peraturan perundang-undangan yang berlaku, lembaga yang berwenang seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan penetapan Pengadilan serta regulator lainnya yang berlaku pada Kami;
i. memantau, mendeteksi, mencegah dan menyelidiki transaksi mencurigakan atau transaksi yang terindikasi mengandung unsur penipuan, kejahatan atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan atau ketentuan hukum yang berlaku, serta mengambil tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut dari hasil pemantauan atau menyelidiki transaksi tersebut;
j. untuk pemrosesan yang diperlukan untuk memenuhi kewajiban Pengguna dan kami berdasarkan Perjanjian Platform dan dokumen terkait lainnya;
k. untuk pemrosesan yang diperlukan untuk kepentingan sah kami atau kepentingan sah pihak ketiga, dengan ketentuan hak-hak dasar anda tidak disembunyikan;
l. untuk memproses berdasarkan persetujuan eksplisit anda untuk tujuan tertentu. Anda mempunyai hak untuk menarik persetujuan kapan saja;
m. pemrosesan yang diperlukan untuk mematuhi kewajiban hukum kami.
PENGUNGKAPAN DATA PRIBADI
Kami berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan Data Pribadi yang berada dalam kendali Platform dan kami menjamin tidak ada pengungkapan, penjualan, pengalihan, pendistribusian, dan/atau peminjaman Data Pribadi kepada pihak ketiga lainnya, tanpa persetujuan Pengguna. Anda setuju bahwa kami dapat membagikan informasi pribadi anda kepada pihak-pihak berikut, termasuk namun tidak terbatas pada:
a. Pemberi Pinjaman untuk tujuan fasilitasi pinjaman;
b. Penyedia jasa perusahaan pihak ketiga yang membantu kami menyediakan layanan atau melakukan pemrosesan data untuk dan atas nama kami atau untuk implementasi analisis kelayakan kredit Pengguna (misalnya, pemroses pembayaran, biro kredit, penyedia layanan verifikasi identitas, penyedia layanan TI, e- penyedia layanan tanda tangan, operator telekomunikasi, perusahaan asuransi, dll).
c. Pusat Data Fintech/Fintech Data Center (FDC) diatur oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) untuk tujuan pelaporan data kredit;
d. Otoritas Lembaga Hukum dan Peraturan sebagai tanggapan terhadap persyaratan kepatuhan Otoritas Jasa Keuangan, permintaan hukum, perintah pengadilan, atau untuk melindungi hak atau keselamatan kami;
e. Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP) Persetujuan terhadap pengaksesan data pribadi serta pemerolehan Informasi Perkreditan melalui LPIP dan persetujuan atas pemanfaatan Data Kredit atau Pembiayaan dan/atau Data Lain oleh LPIP, OJK, dan/atau pengguna Informasi Perkreditan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
f. Vendor Koleksi & Mitra Bisnis untuk melakukan kerjasama penagihan utang, kerjasama penyaluran, kerjasama pemasaran bersama, dan/atau pihak lain yang berkaitan dengan operasional usaha kami;
g. Manajemen, Karyawan dan perusahaan afiliasi Singa untuk pelaksanaan Layanan; untuk merger, akuisisi, pengalihan aset, dan/atau kegiatan restrukturisasi perusahaan lainnya atau sehubungan dengan satu atau lebih tujuan sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini.
Kami mungkin perlu mengungkapkan Data Pribadi kepada penyedia layanan pihak ketiga, agen, perusahaan afiliasi Kami, dan/atau pihak ketiga lainnya yang berada di luar wilayah Republik Indonesia. Meskipun demikian, penyedia layanan pihak ketiga tersebut, agen dan/atau Afiliasi atau perusahaan terkait dan/atau pihak ketiga lainnya hanya akan mengelola dan/atau menggunakan Data Pribadi sehubungan dengan satu atau lebih tujuan sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini dan sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.
KEAMANAN DAN RETENSI DATA
a. Kami akan mengambil semua langkah dan tindakan yang wajar untuk mencegah kehilangan, penyalahgunaan atau perubahan tanpa izin atas Informasi Pribadi Anda oleh pihak yang tidak berwenang.
b. Meskipun kami mengambil langkah-langkah dan tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mencegah entri atau penggunaan yang tidak sah, dan kegagalan perangkat keras atau perangkat lunak, situasi ini dapat terjadi dan berpotensi membahayakan keamanan Informasi Pribadi Anda. Kami dengan ini menafikan, sejauh diizinkan oleh hukum, tanggung jawab atau kewajiban apapun secara langsung atau tidak langsung yang timbul dari atau sehubungan dengan, segala kehilangan, pencurian, atau akses, pengumpulan, penggunaan, pengungkapan, penyalinan, modifikasi, pembuangan, atau tindakan serupa yang tidak sah. sehubungan dengan Informasi Pribadi apa pun yang anda berikan kepada kami.
c. Saat mendaftarkan diri anda di Platform, anda diminta untuk membuat kata sandi pribadi anda sendiri. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan kata sandi ini. Anda tidak boleh membagikan kata sandi kepada siapa pun.
d. Kami bersertifikat dan mematuhi ISO 27001 dan menerapkan langkah-langkah keamanan yang sesuai untuk melindungi Data Pribadi Anda dari akses, penggunaan, modifikasi, pengungkapan, atau penghancuran yang tidak sah dengan menggunakan langkah-langkah dan prosedur keamanan tertentu, termasuk penggunaan enkripsi, firewall, kata sandi Pengguna dan Kode OTP (One Time Password), dan teknologi lainnya untuk menjaga Data Pribadi Anda.
e. Data Pribadi juga dapat disimpan atau diproses di luar wilayah Indonesia oleh pihak yang bekerja untuk kami di negara lain, atau oleh penyedia layanan pihak ketiga, vendor, pemasok, mitra, kontraktor, atau perusahaan afiliasi. Dalam hal ini Singa akan memastikan Data Pribadi tetap terlindungi sesuai dengan komitmen Singa dalam Kebijakan Privasi ini.
f. Kami menyimpan Data Pribadi Anda selama diperlukan untuk memenuhi tujuan yang diuraikan dalam kebijakan ini, setidaknya hingga 5 tahun setelah Anda menghentikan penggunaan Platform kami, atau sebagaimana diwajibkan oleh hukum. Setelah habis masa berlakunya, kami akan menghapus atau menganonimkan data Anda dengan aman jika: Data Pribadi tidak lagi diperlukan untuk memenuhi tujuan pengumpulannya; dan (ii) penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. Namun, anda dapat meminta penghapusan Data Pribadi anda setiap saat, dengan mengirimkan permintaan ke layanan pelanggan kami. Penghapusan Data Pribadi anda tidak mempengaruhi keabsahan pemrosesan dan kewajiban anda yang dilakukan sebelum penghapusan. Pengguna dengan ini memahami bahwa dampak penghapusan Data Pribadi Pengguna dari sistem Singa akan mengakibatkan penutupan akun Singa anda.
PENGGUNAAN KONTAK TERDAFTAR
a. Kontak Terdaftar yang diberikan oleh Peminjam pada saat proses pengajuan permohonan Pinjaman (“Permohonan Pinjaman”) akan digunakan untuk menghubungi Kontak Terdaftar apabila Peminjam tergolong dalam Gagal Pembayaran Cicilan dimana kondisi peminjam sudah melewati tanggal jatuh tempo yang sudah dicantumkan pada perjanjian pada setiap cicilan pembayaran
b. Sebagai persyaratan mutlak agar Pinjaman dapat dilakukan melalui Platform, Peminjam dengan ini memberikan wewenang kepada Kami, dan menyatakan telah memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari Kontak Terdaftar namun tanpa memerlukan persetujuan lebih lanjut dari pihak lain mana pun, untuk menghubungi Kontak Terdaftar dalam hal bahwa Peminjam tergolong Gagal Pembayaran, dengan tujuan sebagai berikut:
(1) untuk mencari atau melacak lokasi Peminjam dalam hal Peminjam belum melunasi Pinjaman dan Peminjam tidak dapat dihubungi melalui nomor telepon selular terdaftarnya yang tercatat pada Platform selama proses Permohonan Pinjaman;
(2) meminta bantuan dari Kontak Terdaftar untuk mengingatkan Peminjam agar membayar dan melunasi Pinjaman; dan/atau;
(3) meminta Kontak Terdaftar untuk menyampaikan pesan dari kami sehubungan dengan pemenuhan kewajiban pembayaran kembali Pinjaman dan Kegagalan Pembayaran.
c. Kami akan menghubungi Kontak Terdaftar untuk keperluan tersebut di atas baik melalui panggilan langsung, SMS (Short Message Service), WhatsApp dan/atau metode komunikasi lainnya yang ditentukan oleh kami dari waktu ke waktu dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
PELEPASAN TANGGUNG JAWAB
Peminjam dengan ini melepaskan, membela dan mengganti kerugian Kami dan Pemberi Pinjaman (beserta karyawan, direktur, komisaris, pemegang saham, perwakilan, pengacara, agen dan/atau afiliasi Kami dan Pemberi Pinjaman) dari segala tuntutan, tanggung jawab, kerugian, pengeluaran, biaya atau biaya. timbul dari atau sehubungan dengan hal-hal berikut:
a. setiap perselisihan dengan pihak ketiga mengenai Kontak Terdaftar karena alasan apa pun;
b. pelanggaran hak atau kerugian pihak ketiga atau pihak mana pun yang terkait dengan Kontak Terdaftar; Dan
c. sanksi, penelitian, penyidikan, inspeksi atau audit serta segala akibat dari atau berkaitan dengan pelanggaran ketentuan hukum dan/atau peraturan perundang-undangan, kebijakan pemerintah dan/atau keputusan pengadilan dan/atau arbitrase yang timbul dari atau sehubungan dengan pelaksanaan hak-hak Kami dalam Perjanjian ini. atau mencoba menghubungi, mengakses, menelusuri, mendapatkan dan/atau memanfaatkan Kontak Terdaftar.
KEGAGALAN DALAM PERLINDUNGAN INFORMASI PRIBADI
a. Anda setuju untuk tidak meminta tanggung jawab kami atas pelanggaran, atau ketidakpatuhan terhadap Kebijakan Privasi atau perlindungan Informasi Pribadi dalam situasi berikut:
b. Force Majeure atau apabila telah terjadi suatu peristiwa alam atau situasi yang tidak terduga, yang mengakibatkan kerusakan atau kehancuran peralatan dan/atau sistem yang digunakan untuk mengamankan, menyimpan, atau memproses Informasi Pribadi Pengguna;
c. Apabila Informasi Pribadi telah tersedia atau dapat ditemukan oleh masyarakat sebelum Informasi Pribadi tersebut kami sampaikan;
d. Apabila kami telah memberikan upaya terbaik kami dan untuk memverifikasi, mengamankan dan melindungi Informasi Pribadi, dan jika terjadi akses tidak sah, peretasan, penyalahgunaan, modifikasi, perubahan, gangguan;
e. Untuk keakuratan (kecuali untuk Informasi Pribadi yang telah kami verifikasi atas kebijaksanaan kami), keabsahan, legalitas dan kelengkapan Informasi Pribadi Anda; dan/atau
f. Dimana penyalahgunaan Informasi dan Informasi Pribadi disebabkan oleh tindakan kejahatan, penipuan atau tindakan kriminal atau tindakan ilegal pihak ketiga yang tidak berada di bawah kendali atau instruksi kami.
g. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberitahukan Anda secara tertulis melalui email apabila terjadi kegagalan perlindungan Informasi Pribadi Kami selama pengelolaan Platform, baik yang terjadi karena Kami maupun pihak ketiga, dengan ketentuan pemberitahuan sebagai berikut:
i. dengan mencantumkan alasan atau penyebab kegagalan perlindungan Informasi Pribadi;
ii. pemberitahuan tertulis melalui email kepada Anda paling lambat 14 (empat belas) hari setelah ditemukannya kegagalan;
iii. menyediakan contact person yang mudah Anda hubungi terkait pengelolaan Informasi Pribadi.
KEPATUHAN TERHADAP HUKUM DAN PERATURAN YANG BERLAKU
Masalah atau situasi apa pun yang tidak diatur secara tegas dalam Kebijakan Privasi ini akan tunduk pada hukum dan peraturan yang berlaku. Kami akan mematuhi semua persyaratan dan kewajiban hukum sebagaimana diamanatkan oleh pihak berwenang untuk memastikan perlindungan dan penanganan yang tepat atas data pribadi Anda. Apabila terdapat ketidakkonsistenan antara Kebijakan Privasi ini dan undang-undang, maka undang-undanglah yang akan berlaku.
PERUBAHAN KEBIJAKAN PRIVASI
a. Kebijakan Privasi ini dapat diubah dan/atau diperbarui dari waktu ke waktu. Kami akan mempublikasikan versi terbaru Kebijakan Privasi ini di Platform.
b. Anda diwajibkan untuk membaca dengan cermat dan memeriksa Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu agar tetap mendapat informasi tentang versi terbaru dari Kebijakan Privasi ini.
c. Kami dapat memberitahu anda tentang perubahan yang dilakukan pada Kebijakan Privasi ini melalui email ke alamat email yang terdaftar.
d. Dengan terus mengakses dan menggunakan Platform dan Layanan, Anda menyetujui setiap perubahan pada Kebijakan Privasi ini.