Himbauan! Waspada Penipuan !

Jaga diri dari segala bentuk upaya penipuan yang mengatasnamakan Singa Fintech (PT. Abadi Sejahtera Finansindo).

Peringatan !

HATI-HATI, TRANSAKSI INI BERISIKO TINGGI, ANDA DAPAT SAJA MENGALAMI KERUGIAN ATAU KEHILANGAN UANG. JANGAN BERUTANG JIKA TIDAK MEMILIKI KEMAMPUAN MEMBAYAR. PERTIMBANGKAN SECARA BIJAK SEBELUM BERTRANSAKSI.

Informasi Umum

Tentang Singa Fintech, Pengajuan, Pinjaman, Pembayaran dan Penawaran

Tentang Singa Fintech

Singa Fintech adalah Peer-to-Peer Lending, Platform berbasis Teknologi Keuangan yang menyediakan pinjaman online untuk masyarakat Indonesia. Singa telah hadir di Indonesia sejak tahun 2018, beroperasi dibawah PT Abadi Sejahtera Finansindo. Sebagai penyelenggara pinjaman online yang mempertemukan langsung penerima pinjaman dan pemberi pinjaman dengan mengutamakan Transparansi, Mudah, Cepat dan terPenggunal. Singa bertujuan untuk menjadi layanan pinjaman yang paling Mudah, Penggunal, dan Aman di Indonesia serta memberikan nilai tambah bagi Peminjam dan pemberi Pinjaman, di mana Penerima Pinjaman mudah mendapatkan pinjaman dan Pemberi pinjaman mendapat peningkatan. Kami Setia memberikan solusi dan mendukung pertumbuhan keuangan pelanggan kami.

Apakah Singa Fintech legal?

Singa Fintech sudah mendapat izin OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sesuai surat keputusan no KEP -47/D.05/2020

Apakah Singa memiliki kantor cabang?

Untuk saat ini kantor Singa hanya memiliki 1 kantor pusat di Foresta Business Loft 5 unit 30 pada kawasan BSD, Tangerang selatan, Indonesia.

Aplikasi Singa bisa diakses dan download dimana?

Aplikasi Singa sudah tersedia dan dapat diakses di seluruh kota di Indonesia. Pengguna dapat mendapatkan aplikasi Singa dengan cara mendownload aplikasi Singa melalui Google Play Store dan Appstore

Apakah mata uang yang digunakan Singa ?

Rupiah (Indonesian Rupiah)

PENGAJUAN

Cara melakukan pengajuan di aplikasi Singa

  1. Download Aplikasi Singa pada Playstore.
  2. Isi data lengkap Pengguna pada formulir online sesuai dengan petunjuk. Mohon diisi dengan data yang sesuai dan benar.
  3. Pastikan Pengguna membaca seluruh ketentuan dan syarat yang berlaku.
  4. Pengguna akan menerima sms atau email notifikasi atas status pengajuan pinjaman Pengguna bahwa pengajuan Pengguna disetujui atau ditolak.
  5. Jika pengajuan pinjaman Pengguna disetujui, pihak Singa akan melakukan verifikasi melalui telepon dan survei terhadap data-data yang diberikan.
  6. Pastikan Pengguna mengangkat telepon verifikasi yang dilakukan oleh tim Singa dan menjawab dengan informasi yang sebenar-benarnya.
  7. Setelah disetujui pencairan pinjaman akan diterima di rekening Pengguna maksimal 3 jam setelah pengajuan Pengguna disetujui.

Syarat pengajuan

  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia 21 s/d 65 Tahun
  • Memiliki penghasilan minimum Rp.1.200.000
  • Memiliki KTP Elektronik
  • Memiliki Rekening Tabungan atas nama diri sendiri
  • Memiliki email aktif

Jumlah pinjaman yang diajukan

Jumlah pinjaman akan bergantung pada tingkat level keanggotaan Pengguna dan meninjau hasil permohonan pinjaman Pengguna, serta waktu pinjaman yang Pengguna miliki dan kinerja pembayaran kembali.

Status pinjaman

Setiap pesanan pinjaman tertera pada halaman awal aplikasi Singa, ditPenggunai dengan label status, termasuk 'Sedang Ditinjau', 'Sedang Berlangsung', 'Segera Jatuh Tempo', 'Terlambat', 'Dibayar', 'Ditolak', dan 'Dibatalkan'.

Proses pencairan dana pinjaman

Proses pencairan dana pinjaman setelah disetujui akan diterima di rekening Pengguna maksimal 3 jam.

Status pencairan gagal

Terdapat kesalahan data rekening yang Pengguna isi atau koneksi antar bank terputus. Mohon lakukan update terhadap aplikasi Singa Pengguna di appstore.

Berikut adalah langkah – langkah melakukan perbaikan pada rekening data Pengguna di aplikasi:

  • Masuk aplikasi Singa
  • Pilih Profil
  • Pilih Data Bank
  • Sesuaikan Nomor rekening dan Nama pemilik rekening Pengguna sesuai dengan data di buku tabungan/Bank terkait
  • Tekan ‘langkah selanjutnya’
  • Kembali ke Halaman awal aplikasi Singa

Pembatalan pengajuan

Pembatalan pinjaman dapat mempengaruhi skor kredit Pengguna, setelah persetujuan perjanjian pinjaman Pengguna disarankan tidak mengajukan pembatalan. Jika Pengguna ingin melakukan pembatalan pengajuan pada aplikasi Singa. Hubungi Layanan Customer Service, Berikan Informasi yang Dibutuhkan atau diminta oleh CS.

Catatan: Pembatalan pinjaman tidak dapat dilakukan apabila sudah mencapai proses pencairan

Pengajuan ditolak

Mohon pastikan untuk mengisi data-data Pengguna dengan benar atau valid. Silakan mencoba melakukan pengajuan ulang setelah 14 hari.

Ada beberapa alasan mengapa pengajuan pinjaman bisa gagal. Penyebab umumnya di antara lain adalah:

  • Nilai atau Riwayat Kredit Tidak Memadai: Nilai kredit yang rendah atau kurangnya riwayat kredit dapat menyebabkan permohonan pinjaman ditolak.
  • Kesalahan pada Aplikasi: Kesalahan atau ketidaksesuaian dalam aplikasi Pengguna, seperti data pribadi yang salah.
  • Ketidaksesuaian dengan Kriteria Pemberi Pinjaman: Pemberi pinjaman yang berbeda memiliki kriteria persetujuan pinjaman yang berbeda-beda. Profil Pengguna mungkin tidak sesuai dengan persyaratan spesifik pemberi pinjaman.
    Masalah Penipuan atau Verifikasi Identitas: Kecurigaan penipuan atau ketidakmampuan memverifikasi identitas Pengguna juga bisa menjadi alasan penolakan pinjaman.

Pinjaman

Rincian tagihan pada aplikasi Singa

Rincian Tagihan terbaru Pengguna terlihat di halaman berPengguna, dengan informasi rinci tersedia pada halaman detail pesanan Pengguna.

Pembayaran

Metode dan Cara Pembayaran

Singa hanya memiliki 6 metode pembayaran sesuai dengan diaplikasi sebagai berikut :

  • SMExxxx (Xendit) Alfamart
  • 7265xxxxx bank Permata
  • 77666xxxxxx bank BRI
  • 89304236xxxxxxx (Xendit) bank BNI
  • 87658xxxxxx bank Mandiri
  • 08173xxxxxx bank BCA

Pembayaran melalui Alfamart

Melalui Alfamart :

  • Membuat kode pembayaran melalui Alfamart pada aplikasi Singa
  • Mendatangi gerai Alfamart terdekat
  • Informasikan kepada kasir pembayaran untuk Singa melalui Xendit kode depan SME lalu sebutkan kode pembayaran yang tertera pada aplikasi Singa dan nominal pembayarannya.

Pembayaran melalui Bank BCA

Mobile Banking
1. Buka aplikasi BCA Mobile (M-bca)
2. Masukkan kode akses
3. Pilih “m-Transfer”
4. Pilih “BCA Virtual Account”
5. Masukkan nomor VA dan tekan “OK” dan “Send”
6. Muncul layar konfirmasi pembayaran, tekan “OK”
7. Masukkan PIN dan tekan “OK”
8. Selesai

Gerai ATM/ Transfer Bank
1. Masukkan PIN
2. Pilih “Transfer”
3. Pilih “Ke Rek BCA Virtual Account”
4. Pilih “Virtual Account”
5. Masukkan nomor VA dan tekan “BENAR”
6. Muncul layar konfirmasi transfer yang berisi nomor rekening tujuan bank dan Nama serta jumlah yang dibayar. Jika sudah benar, Tekan “Benar”
7. Selesai

Pembayaran melalui Bank BNI

Mobile Banking/ Internet Banking
1. Buka aplikasi mobile banking.
2. Login ke dalam akun
3. Pilih transfer ke bank lainnya
4. Pilih Bank BNI (009) sebagian rekening tujuan
5. Masukan jumlah pembayaran sesuai dengan yang ditagihkan
6. Isi nomor rekening tujuan dengan 16-digit nomor kode pembayaran VA <KODE PEMBAYARAN> lalu tekan “Benar”
7. Selesai

Gerai ATM/ Transfer Bank
1. Masukkan PIN
2. Pilih “TRANSFER”. Apabila menggunakan ATM BCA, pilih “TRANSAKSI LAINNYA” lalu “TRANSFER”
3. Pilih “KE REK BANK LAIN”
4. Masukkan Kode Bank BNI (009) kemudian tekan “Benar”
5. Masukkan jumlah pembayaran sesuai dengan tagihan ( Jumlah yang ditransfer harus sama persis tidak boleh lebih dan kurang). Jumlah nominal yang tidak sesuai dengan tagihan akan menyebabkan transaksi gagal.
6. Isi nomor rekening tujuan dengan kode pembayaran kemudian tekan “Benar”
7. Muncul layar konfirmasi transfer yang berisi nomor rekening tujuan bank dan Nama serta jumlah yang dibayar. Jika sudah benar, Tekan “Benar”
8. Selesai

Khusus Pengguna Bank BNI dapat melakukan pembayaran melalui :
– BNI Mbanking
– Wondr
– ATM BNI
– Agent46

Pembayaran belum tersedia dengan metode dan kanal berikut :
– Internet Banking
– Teller
– BNIDirect

Pembayaran melalui Bank BRI

Mobile Banking
1. Buka aplikasi BRI Mobile Banking
2. Login ke dalam akun
3. Pilih “BRIVA”
4. Pilih “Pembayaran Baru”
5. Masukkan nomor VA dan tekan “Lanjut”
6. Muncul layar konfirmasi pembayaran
7. Pilih sumber dana dan tekan “Bayar”
8. Masukkan PIN, tekan “OK”
9. Selesai

Gerai ATM/ Transfer Bank
1. Masukkan PIN
2. Pilih “Menu Lainnya”
3. Pilih “Pembayaran atau pembelian”
4. Pilih “Pembayaran / Pembelian lainnya”
5. Pilih “BRIVA”
6. Masukkan nomor VA dan tekan “BENAR”
7. Muncul layar konfirmasi transfer yang berisi nomor rekening tujuan bank dan Nama serta jumlah yang dibayar. Jika sudah benar, Tekan “BENAR”
8. Selesai

Pembayaran melalui Bank MANDIRI

Mobile Banking
1. Buka aplikasi Livin by Mandiri
2. Pilih “Bayar”
3. Pilih “Cari Penyedia Jasa” dengan nama “SINGA.ID”
4. Pilih “SINGA.ID”
5. Masukkan nomor VA dan tekan “Lanjutkan”
6. Muncul layar konfirmasi pembayaran, tekan “Lanjutkan”
7. Masukkan PIN
8. Selesai

Cara Bayar melalui Mesin ATM Virtual Account Mandiri
Kunjungi ATM Mandiri terdekat.
1. Masukkan kartu ATM dan PIN.
2. Pilih menu “Bayar/Beli”
3. Pilih “Multi Payment.”
4. Masukkan Kode Perusahaan
5. Masukkan nomor Virtual Account.
6. Input jumlah tagihan
7. Konfirmasi transaksi.
8. Selesai
Simpan struk sebagai bukti pembayaran.

Pembayaran melalui Bank PERMATA

Mobile Banking/ Internet Banking
1. Buka aplikasi Permata Me
2. Login ke dalam akun.
3. Pilih “Bayar Tagihan”
4. Pilih “Akun Virtual”
5. Masukkan nomor VA dan tekan “OK”
6. Muncul layar konfirmasi pembayaran
7. Pilih sumber dana dan konfirmasi pembayaran
8. Masukkan PIN dan tekan “OK”
9. Selesai

Gerai ATM/ Transfer Bank
1. Masukkan PIN
2. Pilih “Transfer”.
3. Pilih “Pembayaran Lainnya”
4. Pilih “Virtual Account”
5. Masukkan nomor VA dan tekan “BENAR”
6. Muncul layar konfirmasi transfer yang berisi nomor rekening tujuan bank Permata dan Nama serta jumlah yang dibayar. Jika sudah benar, Tekan “Benar”.
7. Pilih rekening Pengguna.
8. Selesai.

Bayar Cicilan

Cukup ketuk 'Bayar sekarang' untuk pinjaman Pengguna di beranda, pilih cicilan yang ingin Pengguna bayarkan, pilih bank Pengguna, dan buat nomor VA (Virtual Account) pembayaran.

Batas / Jangka waktu pembayaran

Untuk kode pembayaran Virtual Account (VA) akan tetap berlaku selama 6 jam sejak waktu generasi kode. Pengguna dapat dan disarankan melakukan pembayaran di dalam waktu online operasional Bank.

Diskon dan Keringanan

Untuk permintaan Diskon, Keringanan atau Restrukturisasi Pinjaman dapat dinegosiasikan dengan petugas penagihan atau mengajukannya melalui email: cs@singa.id

Catatan: Hanya Pengguna yang memenuhi syarat dan ketentuan yang dapat mengajukan permohonan keringanan

Perpanjangan pinjaman

Pengguna dapat mengajukan perpanjangan dalam situasi tertentu, membayar biaya perpanjangan dan melakukan pembayaran kembali nanti, namun fitur tersebut akan mengikuti pada apakah tersedia atau tidaknya fitur di aplikasi masing-masing Pengguna. Jika tidak, Pengguna diharapkan untuk dapat melunasi pinjaman sesuai dengan nominal dan waktu yang tertera pada aplikasi Singa.

Surat Lunas

Seluruh riwayat pinjaman dapat Pengguna lihat didalam aplikasi.

Tidak membayar pinjaman

Jika Pengguna tidak melakukan pembayaran pinjaman, beberapa konsekuensi dapat timbul, yang biasanya meningkat seiring berjalannya waktu:

  • Pengguna harus membayar biaya keterlambatan, yang menambah total hutang Pengguna.
  • Penolakan pinjaman Pengguna di masa depan Catatan yang sudah jatuh tempo akan berdampak pada nilai kredit skoring Pengguna dan mungkin menghalangi Pengguna untuk meminjam di masa depan.
  • Pemberi pinjaman dapat memulai kegiatan penagihan, yang dapat mencakup panggilan telepon dan surat yang meminta pembayaran.
  • Pelaporan kepada OJK (Otoritas Jasa Keuangan), yang akan mempengaruhi pengajuan pinjaman Pengguna di platform lain.

Penawaran

Untuk mengetahui promosi apa saja yang sedang berlangsung, Pengguna dapat mengikuti akun sosial media resmi kami serta berbagai jenis promosi menarik akan tertera dalam aplikasi jika tersedia.

Informasi Umum

Pertanyaan yang sering ditanyakan tentang kategori "Informasi Umum"

Tentang Singa Fintech

Singa Fintech adalah Peer-to-Peer Lending, Platform berbasis Teknologi Keuangan yang menyediakan pinjaman online untuk masyarakat Indonesia. Singa telah hadir di Indonesia sejak tahun 2018, beroperasi dibawah PT Abadi Sejahtera Finansindo. Sebagai penyelenggara pinjaman online yang mempertemukan langsung penerima pinjaman dan pemberi pinjaman dengan mengutamakan Transparansi, Mudah, Cepat dan terPenggunal. Singa bertujuan untuk menjadi layanan pinjaman yang paling Mudah, Penggunal, dan Aman di Indonesia serta memberikan nilai tambah bagi Peminjam dan pemberi Pinjaman, di mana Penerima Pinjaman mudah mendapatkan pinjaman dan Pemberi pinjaman mendapat peningkatan. Kami Setia memberikan solusi dan mendukung pertumbuhan keuangan pelanggan kami.

Apakah Singa Fintech legal?

Singa Fintech sudah mendapat izin OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sesuai surat keputusan no KEP -47/D.05/2020

Apakah Singa memiliki kantor cabang?

Untuk saat ini kantor Singa hanya memiliki 1 kantor pusat di Foresta Business Loft 5 unit 30 pada kawasan BSD, Tangerang selatan, Indonesia.

Aplikasi Singa bisa diakses dan download dimana?

Aplikasi Singa sudah tersedia dan dapat diakses di seluruh kota di Indonesia. Pengguna dapat mendapatkan aplikasi Singa dengan cara mendownload aplikasi Singa melalui Google Play Store dan Appstore

Apakah mata uang yang digunakan Singa ?

Rupiah (Indonesian Rupiah)

PENGAJUAN

Cara melakukan pengajuan di aplikasi Singa

  1. Download Aplikasi Singa pada Playstore.
  2. Isi data lengkap Pengguna pada formulir online sesuai dengan petunjuk. Mohon diisi dengan data yang sesuai dan benar.
  3. Pastikan Pengguna membaca seluruh ketentuan dan syarat yang berlaku.
  4. Pengguna akan menerima sms atau email notifikasi atas status pengajuan pinjaman Pengguna bahwa pengajuan Pengguna disetujui atau ditolak.
  5. Jika pengajuan pinjaman Pengguna disetujui, pihak Singa akan melakukan verifikasi melalui telepon dan survei terhadap data-data yang diberikan.
  6. Pastikan Pengguna mengangkat telepon verifikasi yang dilakukan oleh tim Singa dan menjawab dengan informasi yang sebenar-benarnya.
  7. Setelah disetujui pencairan pinjaman akan diterima di rekening Pengguna maksimal 3 jam setelah pengajuan Pengguna disetujui.

Syarat pengajuan

  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia 21 s/d 65 Tahun
  • Memiliki penghasilan minimum Rp.1.200.000
  • Memiliki KTP Elektronik
  • Memiliki Rekening Tabungan atas nama diri sendiri
  • Memiliki email aktif

Jumlah pinjaman yang diajukan

Jumlah pinjaman akan bergantung pada tingkat level keanggotaan Pengguna dan meninjau hasil permohonan pinjaman Pengguna, serta waktu pinjaman yang Pengguna miliki dan kinerja pembayaran kembali.

Status pinjaman

Setiap pesanan pinjaman tertera pada halaman awal aplikasi Singa, ditPenggunai dengan label status, termasuk 'Sedang Ditinjau', 'Sedang Berlangsung', 'Segera Jatuh Tempo', 'Terlambat', 'Dibayar', 'Ditolak', dan 'Dibatalkan'.

Proses pencairan dana pinjaman

Proses pencairan dana pinjaman setelah disetujui akan diterima di rekening Pengguna maksimal 3 jam.

Status pencairan gagal

Terdapat kesalahan data rekening yang Pengguna isi atau koneksi antar bank terputus. Mohon lakukan update terhadap aplikasi Singa Pengguna di appstore.

Berikut adalah langkah – langkah melakukan perbaikan pada rekening data Pengguna di aplikasi:

  • Masuk aplikasi Singa
  • Pilih Profil
  • Pilih Data Bank
  • Sesuaikan Nomor rekening dan Nama pemilik rekening Pengguna sesuai dengan data di buku tabungan/Bank terkait
  • Tekan ‘langkah selanjutnya’
  • Kembali ke Halaman awal aplikasi Singa

Pembatalan pengajuan

Pembatalan pinjaman dapat mempengaruhi skor kredit Pengguna, setelah persetujuan perjanjian pinjaman Pengguna disarankan tidak mengajukan pembatalan. Jika Pengguna ingin melakukan pembatalan pengajuan pada aplikasi Singa. Hubungi Layanan Customer Service, Berikan Informasi yang Dibutuhkan atau diminta oleh CS.

Catatan: Pembatalan pinjaman tidak dapat dilakukan apabila sudah mencapai proses pencairan

Pengajuan ditolak

Mohon pastikan untuk mengisi data-data Pengguna dengan benar atau valid. Silakan mencoba melakukan pengajuan ulang setelah 14 hari.

Ada beberapa alasan mengapa pengajuan pinjaman bisa gagal. Penyebab umumnya di antara lain adalah:

  • Nilai atau Riwayat Kredit Tidak Memadai: Nilai kredit yang rendah atau kurangnya riwayat kredit dapat menyebabkan permohonan pinjaman ditolak.
  • Kesalahan pada Aplikasi: Kesalahan atau ketidaksesuaian dalam aplikasi Pengguna, seperti data pribadi yang salah.
  • Ketidaksesuaian dengan Kriteria Pemberi Pinjaman: Pemberi pinjaman yang berbeda memiliki kriteria persetujuan pinjaman yang berbeda-beda. Profil Pengguna mungkin tidak sesuai dengan persyaratan spesifik pemberi pinjaman.
    Masalah Penipuan atau Verifikasi Identitas: Kecurigaan penipuan atau ketidakmampuan memverifikasi identitas Pengguna juga bisa menjadi alasan penolakan pinjaman.

Pinjaman

Rincian tagihan pada aplikasi Singa

Rincian Tagihan terbaru Pengguna terlihat di halaman berPengguna, dengan informasi rinci tersedia pada halaman detail pesanan Pengguna.

Pembayaran

Metode dan Cara Pembayaran

Singa hanya memiliki 6 metode pembayaran sesuai dengan diaplikasi sebagai berikut :

  • SMExxxx (Xendit) Alfamart
  • 7265xxxxx bank Permata
  • 77666xxxxxx bank BRI
  • 89304236xxxxxxx (Xendit) bank BNI
  • 87658xxxxxx bank Mandiri
  • 08173xxxxxx bank BCA

Pembayaran melalui Alfamart

Melalui Alfamart :

  • Membuat kode pembayaran melalui Alfamart pada aplikasi Singa
  • Mendatangi gerai Alfamart terdekat
  • Informasikan kepada kasir pembayaran untuk Singa melalui Xendit kode depan SME lalu sebutkan kode pembayaran yang tertera pada aplikasi Singa dan nominal pembayarannya.

Pembayaran melalui Bank BCA

Mobile Banking
1. Buka aplikasi BCA Mobile (M-bca)
2. Masukkan kode akses
3. Pilih “m-Transfer”
4. Pilih “BCA Virtual Account”
5. Masukkan nomor VA dan tekan “OK” dan “Send”
6. Muncul layar konfirmasi pembayaran, tekan “OK”
7. Masukkan PIN dan tekan “OK”
8. Selesai

Gerai ATM/ Transfer Bank
1. Masukkan PIN
2. Pilih “Transfer”
3. Pilih “Ke Rek BCA Virtual Account”
4. Pilih “Virtual Account”
5. Masukkan nomor VA dan tekan “BENAR”
6. Muncul layar konfirmasi transfer yang berisi nomor rekening tujuan bank dan Nama serta jumlah yang dibayar. Jika sudah benar, Tekan “Benar”
7. Selesai

Pembayaran melalui Bank BNI

Mobile Banking/ Internet Banking
1. Buka aplikasi mobile banking.
2. Login ke dalam akun
3. Pilih transfer ke bank lainnya
4. Pilih Bank BNI (009) sebagian rekening tujuan
5. Masukan jumlah pembayaran sesuai dengan yang ditagihkan
6. Isi nomor rekening tujuan dengan 16-digit nomor kode pembayaran VA <KODE PEMBAYARAN> lalu tekan “Benar”
7. Selesai

Gerai ATM/ Transfer Bank
1. Masukkan PIN
2. Pilih “TRANSFER”. Apabila menggunakan ATM BCA, pilih “TRANSAKSI LAINNYA” lalu “TRANSFER”
3. Pilih “KE REK BANK LAIN”
4. Masukkan Kode Bank BNI (009) kemudian tekan “Benar”
5. Masukkan jumlah pembayaran sesuai dengan tagihan ( Jumlah yang ditransfer harus sama persis tidak boleh lebih dan kurang). Jumlah nominal yang tidak sesuai dengan tagihan akan menyebabkan transaksi gagal.
6. Isi nomor rekening tujuan dengan kode pembayaran kemudian tekan “Benar”
7. Muncul layar konfirmasi transfer yang berisi nomor rekening tujuan bank dan Nama serta jumlah yang dibayar. Jika sudah benar, Tekan “Benar”
8. Selesai

Khusus Pengguna Bank BNI dapat melakukan pembayaran melalui :
– BNI Mbanking
– Wondr
– ATM BNI
– Agent46

Pembayaran belum tersedia dengan metode dan kanal berikut :
– Internet Banking
– Teller
– BNIDirect

Pembayaran melalui Bank BRI

Mobile Banking
1. Buka aplikasi BRI Mobile Banking
2. Login ke dalam akun
3. Pilih “BRIVA”
4. Pilih “Pembayaran Baru”
5. Masukkan nomor VA dan tekan “Lanjut”
6. Muncul layar konfirmasi pembayaran
7. Pilih sumber dana dan tekan “Bayar”
8. Masukkan PIN, tekan “OK”
9. Selesai

Gerai ATM/ Transfer Bank
1. Masukkan PIN
2. Pilih “Menu Lainnya”
3. Pilih “Pembayaran atau pembelian”
4. Pilih “Pembayaran / Pembelian lainnya”
5. Pilih “BRIVA”
6. Masukkan nomor VA dan tekan “BENAR”
7. Muncul layar konfirmasi transfer yang berisi nomor rekening tujuan bank dan Nama serta jumlah yang dibayar. Jika sudah benar, Tekan “BENAR”
8. Selesai

Pembayaran melalui Bank MANDIRI

Mobile Banking
1. Buka aplikasi Livin by Mandiri
2. Pilih “Bayar”
3. Pilih “Cari Penyedia Jasa” dengan nama “SINGA.ID”
4. Pilih “SINGA.ID”
5. Masukkan nomor VA dan tekan “Lanjutkan”
6. Muncul layar konfirmasi pembayaran, tekan “Lanjutkan”
7. Masukkan PIN
8. Selesai

Cara Bayar melalui Mesin ATM Virtual Account Mandiri
Kunjungi ATM Mandiri terdekat.
1. Masukkan kartu ATM dan PIN.
2. Pilih menu “Bayar/Beli”
3. Pilih “Multi Payment.”
4. Masukkan Kode Perusahaan
5. Masukkan nomor Virtual Account.
6. Input jumlah tagihan
7. Konfirmasi transaksi.
8. Selesai
Simpan struk sebagai bukti pembayaran.

Pembayaran melalui Bank PERMATA

Mobile Banking/ Internet Banking
1. Buka aplikasi Permata Me
2. Login ke dalam akun.
3. Pilih “Bayar Tagihan”
4. Pilih “Akun Virtual”
5. Masukkan nomor VA dan tekan “OK”
6. Muncul layar konfirmasi pembayaran
7. Pilih sumber dana dan konfirmasi pembayaran
8. Masukkan PIN dan tekan “OK”
9. Selesai

Gerai ATM/ Transfer Bank
1. Masukkan PIN
2. Pilih “Transfer”.
3. Pilih “Pembayaran Lainnya”
4. Pilih “Virtual Account”
5. Masukkan nomor VA dan tekan “BENAR”
6. Muncul layar konfirmasi transfer yang berisi nomor rekening tujuan bank Permata dan Nama serta jumlah yang dibayar. Jika sudah benar, Tekan “Benar”.
7. Pilih rekening Pengguna.
8. Selesai.

Bayar Cicilan

Cukup ketuk 'Bayar sekarang' untuk pinjaman Pengguna di beranda, pilih cicilan yang ingin Pengguna bayarkan, pilih bank Pengguna, dan buat nomor VA (Virtual Account) pembayaran.

Batas / Jangka waktu pembayaran

Untuk kode pembayaran Virtual Account (VA) akan tetap berlaku selama 6 jam sejak waktu generasi kode. Pengguna dapat dan disarankan melakukan pembayaran di dalam waktu online operasional Bank.

Diskon dan Keringanan

Untuk permintaan Diskon, Keringanan atau Restrukturisasi Pinjaman dapat dinegosiasikan dengan petugas penagihan atau mengajukannya melalui email: cs@singa.id

Catatan: Hanya Pengguna yang memenuhi syarat dan ketentuan yang dapat mengajukan permohonan keringana

Perpanjangan pinjaman

Pengguna dapat mengajukan perpanjangan dalam situasi tertentu, membayar biaya perpanjangan dan melakukan pembayaran kembali nanti, namun fitur tersebut akan mengikuti pada apakah tersedia atau tidaknya fitur di aplikasi masing-masing Pengguna. Jika tidak, Pengguna diharapkan untuk dapat melunasi pinjaman sesuai dengan nominal dan waktu yang tertera pada aplikasi Singa.

Surat Lunas

Seluruh riwayat pinjaman dapat Pengguna lihat didalam aplikasi.

Tidak membayar pinjaman

Jika Pengguna tidak melakukan pembayaran pinjaman, beberapa konsekuensi dapat timbul, yang biasanya meningkat seiring berjalannya waktu:

  • Pengguna harus membayar biaya keterlambatan, yang menambah total hutang Pengguna.
  • Penolakan pinjaman Pengguna di masa depan Catatan yang sudah jatuh tempo akan berdampak pada nilai kredit skoring Pengguna dan mungkin menghalangi Pengguna untuk meminjam di masa depan.
  • Pemberi pinjaman dapat memulai kegiatan penagihan, yang dapat mencakup panggilan telepon dan surat yang meminta pembayaran.
  • Pelaporan kepada OJK (Otoritas Jasa Keuangan), yang akan mempengaruhi pengajuan pinjaman Pengguna di platform lain.

Penawaran

Untuk mengetahui promosi apa saja yang sedang berlangsung, Pengguna dapat mengikuti akun sosial media resmi kami serta berbagai jenis promosi menarik akan tertera dalam aplikasi jika tersedia.

Scroll to Top

TKB Information

Sesuai dengan prinsip transparansi informasi untuk perlindungan Pengguna yang wajib dilaksanakan oleh penyelenggara Layanan Pendaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) dan diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan pada POJK 10/POJK 05/2022 dan SEOJK No.19 Tahun 2023, maka Singa Fintech mempublikasikan Tingkat Keberhasilan Penyelesaian Pinjaman dalam 90 hari (TKB90), 60 hari (TKB60), 30 hari (TKB30), 0 hari (TKB0) sebagaimana tertera.

Semakin tinggi presentasi TKB90 yang tertera, menandakan semakin baiknya penyelenggara dalam memfasilitasi penyelesaian pinjam meminjam antara pemberi dan penerima pinjaman.

Rumus perhitungan yang digunakan : 

1. TKB90

TKB 90 = 100% – TWP 90

TWP 90 =

Posisi akhir wanprestasi diatas 90 hari kalender

Total posisi akhir

X 100%

2. TKB60

TKB 60 = 100% – TWP 60

TWP 60 =

Posisi akhir wanprestasi diatas 60 hari kalender

Total posisi akhir

X 100%

3. TKB30

TKB 30 = 100% – TWP 30

TWP 30 =

Posisi akhir wanprestasi diatas 30 hari kalender

Total posisi akhir

X 100%

4. TKB0

TKB 0 = 100% – TWP 0

TWP 0 =

Posisi akhir wanprestasi diatas 0 hari kalender

Total posisi akhir

X 100%